Ini Daftar Hoaks yang Sempat Bikin Heboh Selama Tahun 2018

Dythia Novianty
Ini Daftar Hoaks yang Sempat Bikin Heboh Selama Tahun 2018
Logo Kominfo (diskominfo.jabarprov.go.id)

Kementerian Komunikasi dan Informatika merilis daftar kabar palsu atau hoaks yang sempat membuat geger masyarakat Indonesia.

Suara.com - Sepanjang tahun 2018, berbagai peristiwa mewarnai Indonesia, yang didukung dengan berbagai kabar palsu atau hoaks ( hoax ) beredar di tengah masyarakat. Kementerian Komunikasi dan Informatika merilis daftar hoaks yang sempat membuat geger masyarakat Indonesia.

Berikut deretan hoaks yang paling menghebohkan sepanjang 2018 versi Kominfo yang didapat dari mesin pengais konten Sub Direktorat Pengendalian Konten Internet Direktorat Pengendalian Informatika Ditjen Aplikasi Informatika Kementrian Kominfo.

1. Ratna Sarumpaet

Berita hoaks Ratna Sarumpaet. [Kominfo]
Berita hoaks Ratna Sarumpaet. [Kominfo]

Penganiayaan Ratna Sarumpaet menduduki urutan pertama kabar hoaks terheboh selama 2018. Berita ini pertama kali diunggah di Facebook pada 2 Oktober 2018 melalui akun Swary Utami Dewi.
Unggahan ini berisi sebuah screenshot pesan WhatsApp beserta foto Ratna Sarumpaet. Setelah menjadi viral dan dibenarkan oleh beberapa tokoh politik, Polisi lalu melakukan penyelidikan ketika mendapat tiga laporan mengenai dugaan hoaks.

Berdasarkan hasil penyelidikan Kepolisian, Ratna diketahui tidak dirawat di 23 rumah sakit dan tidak pernah melapor ke 28 Polsek di Bandung dalam kurun waktu 28 September sampai dengan 2 Oktober 2018.

Saat kejadian yang disebutkan pada 21 September, Ratna diketahui tidak sedang di Bandung. Hasil penyelidikan menunjukkan Ratna datang ke Rumah Sakit Bina Estetika Menteng, Jakarta Pusat, pada 21 September 2018 sekitar pukul 17.00 WIB.

Direktur Tindak Pidana Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta mengatakan Ratna telah melakukan perjanjian operasi pada 20 September 2018 dan tinggal hingga 24 September. Polisi juga menemukan sejumlah bukti berupa transaksi dari rekening Ratna ke klinik tersebut.

2. Rekaman black box Lion Air JT 610

Rekaman black box Lion Air JT 610 hoaks. [Kominfo]
Rekaman black box Lion Air JT 610 hoaks. [Kominfo]

Kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan laut Karawang, Jawa Barat pada Senin (29/10/2018) menjadi salah satu isu selama 2018 yang ramai diperbincangkan. Berbagai kabar hoaks mengenai kejadian ini lalu berhembus kencang.

Salah satunya adalah beredar video di YouTube yang diunggah oleh channel Juragan Batik Reborn dengan judul ''LION AIR JT610 tersebut Mengerikan Hasil Rekaman BLACK BOX''. Video ini berisi kesaksian seseorang terkait video MAP detik-detik Lion Air JT 610 hilang kontak.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS