Dilelang, Meteorit Berbentuk Hati Ini Jadi Kado Spesial Valentine, Minat?

Arsito Hidayatullah | Tivan Rahmat
Dilelang, Meteorit Berbentuk Hati Ini Jadi Kado Spesial Valentine, Minat?
Meteorit berbentuk hati yang langka bernama The Heart of Space. [Dok. Rumah Lelang Christie's]

Tidak saja spesial wujudnya, meteorit berbentuk hati ini juga menyimpan catatan sejarah unik.

Suara.com - Hari Valentine sering dianggap istimewa karena identik dengan momen kasih sayang . Maka, tidak mengherankan jika banyak orang yang melewatinya dengan mencari dan bertukar kado, tentunya untuk dan bersama orang tersayang.

Memanfaatkan momen tersebut, rumah lelang ternama asal Inggris, Christie's, menjajakan sebuah meteorit berbentuk hati . Dilansir dari CNN pada Senin (4/2/2019), meteorit unik yang diberi nama "The Heart of Space" ini akan mulai dilelang pada tanggal 6 hingga 14 Februari 2019.

Tidak saja spesial dari wujudnya, meteorit berbentuk hati ini juga disebut menyimpan catatan sejarah unik. Pasalnya, benda luar angkasa ini memang kebetulan masuk ke atmosfer Bumi pada tanggal 12 Februari 1947, atau 2 hari sebelum perayaan Valentine.

Selain itu, diketahui bahwa meteorit ini memiliki bobot 10 kilogram, dengan sisi terpanjangnya mencapai 22 centimeter.

Bicara soal asal-usul, meteorit ini disebut masih dalam satu bongkahan batuan yang utuh saat memasuki atmosfer Bumi. Namun karena atmosfer Bumi membakar bongkahan besar tersebut, maka meteoritnya terpecah-pecah menjadi ukuran lebih kecil, dan kemudian jatuh melintasi pengunungan Sikhote-Alin di Serbia.

Menariknya, meteorit unik yang dilelang Christie's ini sendiri terbentuk secara alami. Pihak rumah lelang menyebtu bahwa The Heart of Space terbentuk karena meteorit ini pecah di ketinggian yang lebih tinggi, sehingga memiliki bentuk yang lebih aerodinamis.

Selain bentuknya yang menyerupai hati, keunikan meteorit ini juga terlihat pada permukaannya yang dipenuhi lekukan-lekukan yang disebut regmaglypts. Lekukan inilah yang melambungkan harga The Heart of Space.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadikan meteorit hati ini sebagai kado Valentine, siapkan saja mahar yang juga 'spesial'. Pasalnya, pihak rumah lelang memperkirakan bahwa The Heart of Space akan terjual di kisaran harga USD 300-500 ribu atau sekitar Rp 4,2 miliar hingga Rp 7 miliar.

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS