Kenalkan Fitur Dark Mode, Android Q Bawa Banyak Kecanggihan

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Kenalkan Fitur Dark Mode, Android Q Bawa Banyak Kecanggihan
Dark mode Android Q. (twitter/Google)

Fitur dark mode adalah salah satu yang begitu dinantikan dan mencuri perhatian.

Suara.com - Dalam gelaran Google I/O 2019 yang tengah berlangsung, Google secara resmi memperkenalkan sistem operasi anyarnya yaitu Android Q. Bawa banyak kecanggihan, salah satu yang menarik dari sistem operasi ini adalah fitur dark mode atau mode gelap.

Google menjamin User Interface yang ditawarkan Android Q akan lebih menarik dengan gerakan yang lebih ditingkatkan. Selain itu, Google berjanji untuk memperbaiki beberapa keluhan yang sebelumnya menjadi masalah untuk pengguna sistem Android sebelumnya.

Dilansir dari The Verge, fitur lainnya yang dibawa Android Q adalah Live Caption terkait aksesibilitas. Selain itu, Google juga meningkatkan model keamanan dan privasi untuk pengguna Android.

Diantara berbagai fitur yang dirilis Google untuk Android Q, mungkin fitur dark mode adalah salah satu yang begitu dinantikan dan mencuri perhatian.

Dark mode Android Q. (twitter/Google)
Dark mode Android Q. (twitter/Google)

Ide Google menyematkan dark mode pada Android Q dalam gelaran Google I/O sukses mendapat tepuk tangan meriah dari para hadirin. Pasalnya, ide ini sudah menjadi primadona dan begitu diidam-idamkan oleh banyak orang.

Langkah Android dengan fitur dark mode ini membuatnya menjadi sistem operasi pertama dengan fitur tersebut. Kemungkinan ke depannya, fitur dark mode akan disematkan pada iOS dan Windows 10.

Untuk mengaktifkan dark mode pada Android Q ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengakses Quick Settings dan memilih icon untuk merubah tampilan antarmuka dari putih menjadi hitam.

Android bersama Google meyakinkan jika dark mode pada Android Q ini akan benar berwarna hitam, bukan abu-abu seperti yang sering dijumpai pada beberapa fitur dark mode di smartphone lainnya.

Bukan hanya untuk tampilan utama perangkat yang akan dilengkapi dengan dark mode, nantinya, aplikasi bawaan perangkat juga akan mendapat fitur dark mode. Beberapa aplikasi adalah kalender hingga Google Photo.

Mengenai apakah fitur dark mode akan aktif pada aplikasi pihak ketiga, Google masih harus berdiskusi dengan pihak pengembang yang setuju atau tidak setuju dengan hal tersebut.

Tujuh aplikasi yang sudah tentu akan mencicipi dark mode pada Android Q ini antara lain, Android Messages, Feedly, Facebook Messenger, PocketCasts, Google Maps, Reddit, hingga YouTube.

Usai diperkenalkan dalam gelaran Google I/O di Mountain View, California, Amerika Serikat, rencananya, Google akan merilis Android Q secara resmi pada Agustus 2019 mendatang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS