Usai Dirilis, Google Ungkap Pencapaian Android Pie

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Usai Dirilis, Google Ungkap Pencapaian Android Pie
Android Pie. [Shutterstock]

Google mengumumkan pencapaian pemasangan Android dalam smartphone telah menjalankan versi Android 9 Pie.

Suara.com - Google mengumumkan bahwa 10,4 persen dari total pemasangan Android dalam smartphone telah menjalankan versi Android 9 Pie. Diluncurkan pertama kali 6 Agustus 2018 lalu, pengumuman ini menandai pertama kalinya dalam sembilan bulan sejak Google merilis Android 9 Pie ke publik.

Dibandingkan tahun lalu, angka persentase tersebut telah meningkat. Pada Mei 2018, versi Android Oreo hanya diinstal pada 5,7 persen perangkat Android. Meski begitu, versi Oreo masih membuat persentase terbesar dari basis pemasangan Google saat ini, walaupun angka tersebut merupakan gabungan antara Android 8.0 dan 8.1 dengan total 28,3 persen.

Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]
Ilustrasi ponsel Android. [Shutterstock]

Lalu disusul dengan Android Nougat sebesar 19,2 persen (gabungan versi 7.0 dan 7.1), kemudian Android 6.0 arau Marshmallow sebesar 16,9 persen, dan Android Lollipop sebesar 14,5 persen. Setelahnya, di posisi kelima tercatat Android Pie dengan 10,4 persen.

Dilansir dari The Verge, meski begitu Google masih harus berusaha lebih keras dari Apple. Pembaruan perangkat lunak iOS 12 tercatat hanya membutuhkan waktu selama 23 hari untuk mencapai 50 persen. Bahkan, pada pembaruan terbaru Apple pada 24 Februari, 80 persen perangkat Apple telah menggunakan iOS terbaru.

Baca Juga: Akhirnya, Google Perkenalkan Duo Pixel 3a dan 3a XL

Komentar