Nikmat dan Beragam, Ini Deretan Menu Lezat Astronot di Luar Angkasa

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Nikmat dan Beragam, Ini Deretan Menu Lezat Astronot di Luar Angkasa
Ilustrasi pakaian astronot. [Shutterstock]

Selain berolahraga dan memakan makan sehat, rupanya para astronot juga dibekali dengan makanan-makanan lezat ini.

Suara.com - Bekerja sebagai astronot dan tinggal di luar angkasa membuat astronot memiliki menu makan tersendiri yang sering kali dianggap berbeda dari manusia pada umumnya yang menetap di Bumi. Namun anggapan tersebut salah, pasalnya para astronot memiliki menu makanan lezat ini di luar angkasa. 

Menjadi seorang astronot, stamina tubuh yang baik dan kondisi fisik yang sehat adalah hal penting. Selain berolahraga dan memakan makan sehat, rupanya para astronot juga dibekali dengan makanan-makanan lezat ini.

Deretan makanan lezat tersebut antara lain seperti permen cokelat. Asupan energi dan makanan manis ternyata merupakan hal penting yang wajib dikonsumsi oleh astronot.

Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan manis seperti cokelat adalah salah satu cemilan yang diizinkan untuk ada di luar angkasa. Namun, permen cokelat yang dibawa ke luar angkasa perlu ada dalam kemasan khusus yang tidak terdapat cela udara pada kemasannya.

Makanan lezat lainnya yang boleh dimakan oleh astronot saat menjalankan misi di luar angkasa adalah es krim beku dan kering, namun tidak boleh dingin. Es krim dengan bentuk seperti ini nantinya akan meleleh dengan sendirinya saat dimasukkan ke dalam mulut.

Ilustrasi es krim. (unsplash/Mark Cruz)
Ilustrasi es krim. (unsplash/Mark Cruz)

Jika kita terbiasa mengkonsumsi jus jeruk dalam bentuk cair, para astronot justru menikmati jus jeruk dalam bentuk bubuk. Saat dinikmati, jus jeruk bubuk tersebut juga tidak dicampurkan dengan air, namun langsung dinikmati begitu saja tanpa air.

Walaupun di luar angkasa terdapat tekanan udara yang berbeda dengan Bumi, para astronot juga tetap dapat menikmati minuman bersoda. Sayangnya, sama dengan jus jeruk, minuman bersoda ini juga dikonsumsi dalam bentuk bubuk.

Sebagai makanan yang sangat baik untuk stimulan tubuh, para astronot juga dibekali dengan kacang-kacangan seperti buncis, kacang tanah, dan kedelai yang dihaluskan dan dalam bentuk kemasan khusus.

Roti kering, cookies, hingga biskuit menjadi makanan lainnya yang dapat dibawa oleh para astronot saat bertugas di luar angkasa. Sepertinya lezat ya?

Ilustrasi sea food. (unsplash/RAPHAEL MAKSIAN)
Ilustrasi sea food. (unsplash/RAPHAEL MAKSIAN)

Sama seperti manusia di Bumi, para astronot juga dibebaskan untuk memakan mie instan. Namun, mie instan yang dinikmati harus dalam bentuk kering tanpa kuah. Tenang saja, rasanya tetap sama dengan mie instan yang di Bumi kok.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS