alexametrics

9 Tips Jaga Keamanan dan Privasi Berinternet ala Google

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
9 Tips Jaga Keamanan dan Privasi Berinternet ala Google
Ilustrasi perlindungan data pribadi. [Shutterstock]

Google menyebut bahwa pengamanan privasi terbagi menjadi dua pilar utama, yaitu kesadaran dan pencegahan.

Suara.com - Google menyebut bahwa pengamanan privasi terbagi menjadi dua pilar utama, yaitu kesadaran dan pencegahan. Kesadaran sendiri menekankan pentingnya menyadari keamanan dan privasi dalam lingkungan internet.

Sementara pencegahan merupakan sesuatu yang harus dilakukan pengguna internet untuk melakukan tindakan pencegahan dalam menjaga keamanan dan privasi. Berikut ini sembilan tips tentang menjaga keamanan dan privasi berinternet yang dibagikan Google:

1. Berhati-hati terhadap pesan yang meminta informasi pribadi

Jangan klik link atau membalas pesan mencurigakan berbentuk apapun yang meminta informasi pribadi seperti nama lengkap, alamat, email, atau tanggal lahir.

Baca Juga: Google Rombak Toko Aplikasi Play Store

Bahkan, jika pesan tersebut dikirim oleh situs terpercaya seperti bank, sebaiknya langsung kunjungi situs atau aplikasi bank tersebut untuk login ke akun. Perlu diingat bahwa situs dan layanan resmi tidak akan pernah mengirim pesan untuk meminta mengirim sandi atau informasi keuangan via email.

Ilustrasi Gmail di desktop. [Shutterstock]
Ilustrasi Gmail di desktop. [Shutterstock]

2. Pastikan validitas URL atau link yang mencurigakan

Jangan pernah klik link mencurigakan karena kemungkinan link tersebut berisi halaman login palsu buatan hacker yang terlihat resmi. Pastikan URL link yang akan diakses adalah situs resmi yang diawali dengan alamat https. Situs palsu akan membuat pengguna terjebak pishing.

3. Jangan instal aplikasi berbahaya di ponsel

Selalu unduh aplikasi seluler dari sumber terpecaya. Fitur Google Play Protect dalam ponsel Android menjaga keamanan perangkat dengan melakukan pemeriksaan keamanan terhadap aplikasi dari Google Play Store sebelum diunduh, serta memeriksa perangkat dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Donald Trump Ingin Google Dituntut, Ada Apa?

Untuk memaksimalkan perlindungan data, hapus aplikasi yang tidak lagi digunakan, baca kebijakan privasi, dan hanya berikan akses data sensitif ke aplikasi terpercaya.

Komentar