Asus Luncurkan Monitor dengan Refresh Rate Paling Kencang di Dunia

Liberty Jemadu | Tivan Rahmat
Asus Luncurkan Monitor dengan Refresh Rate Paling Kencang di Dunia
Ilustrasi Asus ROG. [Shutterstock]

Monitor Asus ROG Swift 360 enam kali lebih cepat dari layar game dan TV tradisional.

Suara.com - Asus pekan ini mengumumkan bahwa pihaknya akan bermitra dengan Nvidia untuk meluncurkan monitor tercepat di dunia dalam ajang CES 2020.

Monitor yang diklaim paling cepat di dunia tersebut digadang membawa nama ROG Swift 360. Sesuai namanya, monitor berukuran 24,5, inci dengan refresh rate 360 Hz.

Sebagaimana dikutip dari Digital Trends, Senin (6/1/2020), layar Asus ROG Swift 360 tersebut menawarkan kecepatan refresh rate hingga enam kali lebih cepat ketimbang monitor di pasaran.

Karena masuk dalam keluarga besar ROG, tentu saja Asus menyasar kalangan penggila game, maupun mereka yang sudah menjadi atlet esport profesional.

"Pada 360Hz, frame game ditampilkan sekali setiap 2,8 ms hingga enam kali lebih cepat dari display game dan TV tradisional," klaim Asus.

Selain mengandalkan kecepatan respon layar, Asus ROG Swift 360 juga dilengkapi teknologi layar Variable Refresh Rate untuk memastikan frame bebas lag dan latensi rendah. Sementara panel LCD beresolusi FHD 1080p.

Di sisi lain, Asus ROG Swift 360 juga sudah pembaruan firmware yang disesuaikan untuk kualitas gambar yang lebih baik di samping, tentunya selain dukungan G-Sync dan mode overdrive dinamis untuk waktu reaksi yang cepat.

Asus mengklaim bahwa semua paket teknologi di dalamnya akan membantu meminimalkan ghosting pada layar, masalah yang lumrah dialami oleh monitor kelas teri.

"G-SYNC terkenal karena teknologi inovatif Variable Refresh Rate (VRR) yang menghilangkan masalah dengan menyinkronkan refresh rate layar dengan frame rate GPU," imbuh pihak Nvidia.

Nvidia menyebut, teknologi G-Sync yang mereka usung telah menjalani pengujian ketat yang terdiri dari 300 uji kualitas gambar untuk memastikan kualitas yang konsisten dengan kinerja maksimum.

Sedangkan untuk pemilihan ukuran layar 24,5 inci, Asus memilihnya agar bisa menjaga setiap piksel pada layar dalam bidang pandang pengguna, yang akan membantu mereka tetap asyik bermain game.

Meski dipastikan akan melenggang di CES 2020, namun harga Asus ROG Swift 360 masih dirahasiakan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS