Sinkhole Telan Bus, 6 Orang Tewas dan 10 Hilang

Liberty Jemadu
Sinkhole Telan Bus, 6 Orang Tewas dan 10 Hilang
Ilustrasi sinkhole. [Shutterstock]

Bus itu seperti terlempar di udara, sebelum masuk ditelan sinkhole raksasa yang tiba-tiba muncul di tengah jalan.

Suara.com - Enam orang tewas dan 10 lainnya hilang setelah sebuah sinkhole atau lubang di tanah muncul tiba-tiba, menelan sebuah bus serta para pejalan kaki di Xining, Provinsi, Qinghai, China.

Dari video CCTV yang ditayangkan stasiun-stasiun televisi China, terlihat bus itu seperti terlempar di udara, sebelum masuk ditelan lubang raksasa yang tiba-tiba muncul di tengah jalan itu.

Sebanyak 10 orang hilang, termasuk seorang anak, saat sinkhole itu muncul. Sebanyak 16 orang luka dan dilarikan ke rumah sakit. Munculnya sinkhole itu juga diikuti oleh ledakan. Para saksi mengaku mendengar suara ledakan dari dalam lubang raksasa tersebut.

Insiden itu sendiri terjadi sekitar pukul 5.30 petang waktu setempat pada Senin (13/1/2020).

Di China, munculnya sinkhole bukan sesuatu yang luar biasa. Munculnya lubang raksasa atau sinkhole biasanya disebabkan oleh pembangunan infrastruktur yang dilakukan secara gegabah.

Pada 2016 lalu, tiga orang di Henan jatuh ke dalam sebuah sinkhole raksasa yang tiba-tiba muncul di tengah jalan. Hasil penyelidikan menunjukkan bahwa sinkhole itu disebabkan oleh pembangunan jaringan pipa air di bawah lokasi tersebut.

Sementara di 2013 sebanyak lima orang tewas setelah ditelan sinkhole yang muncul di depan sebuah kompleks industri di Shenzhen. [The Guardian]

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS