Tak Menghargai, Permintaan Dibuatkan Desain Gratis Ini Bikin Emosi Warganet

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Tak Menghargai, Permintaan Dibuatkan Desain Gratis Ini Bikin Emosi Warganet
Ilustrasi Desainer. [Shutterstock]

Beberapa orang masih memandang sebelah mata bidang desain karena dianggap "hanya" menggambar, seperti kisah warganet satu ini.

Suara.com - Beberapa orang masih memandang sebelah mata bidang desain karena dianggap "hanya" menggambar. Faktanya, bidang ini pun juga memerlukan keahlian dan ketekunan sehingga tidak semua orang bisa menggelutinya.

Tak sedikit orang yang tidak menghargai jasa desain tersebut sehingga meminta untuk dibuatkan sesuatu kepada para desainer secara gratis.

Hal ini juga terjadi oleh warganet yang tak diketahui identitasnya. Ia membagikan kisahnya lewat akun base Twitter @collegemenfess pada 15 Februari dengan mengunggah foto berupa tangkapan layar isi pesan WhatsApp.

Dalam pesan WhatsApp tersebut, diketahui seseorang mengontak warganet ini dan bertanya kesediaannnya untuk membuat desain baju pernikahannya.

Namun, ia tidak bertanya secara baik-baik dan bahkan meminta dibuatkan desain secara gratis hanya karena warganet ini tidak belajar secara khusus sebagai desainer.

"Bisa buatin baju nikahan gue nggak?" tanya pengirim pesan.

"Bisa kak, mau kapan dipakenya?" tanya penerima.

"Pas nikahan gue entarlah," jawabnya.

"Iya. Maksudnya nikahannya kapan?" tanya penerima pesan lagi.

"Bulan Juni," jawab pengirim.

"Oh oke, bisa kak," sahut penerima.

"Gratis kan? Desainnya doang kok, yang jahit biar orang lain biar lebih bagus. Soalnya kalau lo yang jahit gue takutnya nggak rapi karena lo kan nggak pernah kursus menjahit, cuma otodidak," jelas pengirim pesan tersebut.

Penerima pesan itu pun hanya menjawab, "Gratis? MasyaAllah."

"Lha kenapa? Otodidak doang masa bayar sih. Itung-itung sambil lu nambah pengalaman lah," jawab pengirim pesan itu lagi.

Tak sedikit warganet lain pengguna Twitter dibuat kesal dengan isi pesan tersebut dan cara orang itu meminta dibuatkan desain.

"Gue emang kuliahnya bukan jurusan tata busana, nggak pernah juga kursus busana, tapi sakit banget rasanya design gue ditawar gratisan," tulis pengunggah tangkapan layar tersebut dalam kolom keterangan.

Tangkapan layar chat indikasi menyepelekan desain. [Twitter]
Tangkapan layar chat indikasi menyepelekan desain. [Twitter]

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 2 ribu kali ke sesama pengguna Twitter ini pun menuai beragam komentar dari warganet.

"Jangan kasih.. balea aja 'kencing aja bayar, karya gue lu mau gratisan? Design sendiri. Byeee'," tulis akun @Annisa9889.

"Justru orang yang bisa karena otodidak itu mahal. Bakatnya langsung dari Tuhan. You deserve better," komentar @xaveriko.

"Kayak gitu serius mau nikah? Kasian suaminya, anaknya, tetangganya, mertuanya sih. Keliatan banget nggam bisa ngehargain orang," tambah @scarletttt0.

"Suruh aja mbaknya otodidak, kan masih bulan Juni masih bisa tuh liat DIY di YouTube," ungkap @fulazhr.

"Udah minta gratis, ngatain lagi," cuit @lonyyylove.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS