Wow! Ada Fitur Tersembunyi, Warganet Bagikan Cara Menguping dengan iPhone

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Wow! Ada Fitur Tersembunyi, Warganet Bagikan Cara Menguping dengan iPhone
Layar iPhone. [Shutterstock]

Sebuah fitur tersembunyi yang jarang diketahui pengguna iPhone di Indonesia, yang baru-baru ini dibagikan oleh seorang warganet.

Suara.com - iPhone memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan smartphone Android. Seperti sebuah fitur tersembunyi yang jarang diketahui pengguna iPhone di Indonesia, yang baru-baru ini dibagikan oleh seorang warganet.

Dibagikan oleh akun Twitter @chiashit pada 9 April, pemilik akun mengunggah video TikTok dengan akun @haiakusukakamu, berisi tutorial berdurasi 44 detik. Dalam video tersebut, ada salah satu fitur pada iPhone yang memungkinkan pengguna mendengar atau menguping pembicaraan orang lain, melalui AirPods hanya dengan meletakkan smartphone di lokasi.

"Sumpah gue baru tau life hack ini ya, gila banget. Pertama lu ke Control Center, lu pencet Customize Controls, terus scroll down, lu pencet Hearing di sini. Pencet tanda plus ini. Abis itu lu pakai AirPods lu ya. Dan lu pencet ke bawah, lu pencet tanda kuping, terus lu pencet Live Listen, abis itu Turn On. Begitu Turn On Live Listen itu, lu bisa tinggalin ponsel lu di suatu ruangan dan lu tinggal pergi aja dari ruangan itu, dan lu bisa denger semua pembicaraan di ruangan itu melalui AirPods lu ini. Lu bisa ngespy pacar lu atau ngespy temen lu. Good luck," ucap seorang perempuan yang muncul dalam video tutorial tersebut.

Jika disederhanakan, pengguna dapat mengakses Control Center > Customize Controls > kemudian gulir ke bawah dan temukan fitur Hearing yang memiliki ikon berbentuk telinga > ketuk tanda tambah (+) di sebelah fitur Hearing. Lalu buka pengaturan layar cepat pada iPhone, ketuk ikon telinga yang telah ditambahkan > klik Live Listen > aktifkan Live Listen.

"Privilege pengguna iPhone part 2. Akan menambah trust issues kamu. Developer pasti punya alasan kenapa fitur ini dibuat. Kalau menurutku buat sekarang sih ya, tergantung pengguna mau dipakai untuk apa. Risiko tanggung sendiri. Kalau denger lagi digibahin dari belakang, coba calm down karena lo sendiri yang memutuskan untuk pakai fitur ini," tulis pemilik akun @chiashit dalam utas kolom keterangan.

Meskipun dalam unggahan video tersebut fitur itu bisa digunakan untuk menguping atau mengetahui pembicaraan orang lain, namun Apple menjelaskan dalam laman resminya bahwa fitur Hearing diciptakan sebagai "Hearing Aids" atau alat bantu dengar bagi pengguna yang memiliki kekurangan pendengaran di lingkungan yang berisik atau bising.

Warganet bagikan tips salah satu fitur iPhone. [Twitter]
Warganet bagikan tips salah satu fitur iPhone. [Twitter]

Video yang telah ditonton sebanyak lebih dari 516 ribu penayangan dan dibagikan sebanyak lebih dari 12 ribu kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar dari warganet.

"Udah coba hahaha ngakak banget adek gue sampe bingung kenapa gue bisa tau apa yang dia omongin," tulis akun @sugarplumelegyy.

"Wahh bisa dicoba nih nanti," komentar @ZetBlack2.

"Aku pake fitur ini karena aku tuli. Emang selalu aktif, rasanya bahagia banget bisa denger apapun daripada tanpa alat bantu dengar," ungkap @DeraaMoon.

"Gokil banget jadi mau coba wkwk," tambah @chillikedassw.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS