Di Tengah Pandemi Corona, Tiga Astronot akan Kembali ke Bumi

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Di Tengah Pandemi Corona, Tiga Astronot akan Kembali ke Bumi
Tiga astronot Nasa pulang dari luar angkasa. [Twitter/@Astro_Jessica]

Tiga astronot yang bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sejak September tahun lalu, yaitu astronot NASA Jessica Meir dan Drew Morgan, serta kosmonot Rusia Oleg

Suara.com - Tiga astronot yang bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) sejak September tahun lalu, yaitu astronot NASA Jessica Meir dan Drew Morgan, serta kosmonot Rusia Oleg Skripochka akan pulang kembali ke Bumi.

Ketiganya akan kembali ke Bumi pada 17 April mendatang di tengah pandemi virus Corona (COVID-19), sehingga itu bukanlah pendaratan yang sama seperti yang dilakukan para astronot lain sebelum pandemi ini dimulai.

"Ketika virus Corona terjadi, kami berada di ISS dan hanya 'menyaksikannya' dari sana. Ini sangat aneh, rasanya seperti kita akan kembali ke planet yang berbeda," ucap Meir dalam wawancara video dengan Physiologist Magazine pada 30 Maret lalu.

Meski begitu, Meir, Morgan, dan Skripochka telah mempersiapkan diri untuk mengikuti peraturan pemerintah, seperti tinggal di rumah dan menjaga jarak fisik. Lagi pula, ketiga astronot itu telah menjalani isolasi yang lebih ketat selama enam bulan terakhir di ISS.

Meir juga membagikan apa yang mereka lakukan di atas sana selama isolasi. Ia dan rekan astronot lainnya berolahraga setiap hari, tidak hanya untuk mencegah keropos tulang dan pemborosan otot atas dampak penerbangan luar angkasa jangka panjang tetapi juga untuk menjaga kesehatan mental. Para astronot juga tetap terhubung dengan teman dan keluarga melalui obrolan video mingguan.

Stasiun luar angkasa. [Shutterstock]
Stasiun luar angkasa. [Shutterstock]

"Saya pikir semua hal itu untuk memastikan bahwa Anda masih berpegang teguh pada rutinutas Anda dan menjaga kesehatan psikologis Anda sendiri. Itu adalah beberapa hal yang benar-benar dapat membantu. Dan saya pikir itu berguna untuk orang-orang di Bumi dan juga para astronot di sini," tambah Meir, seperti dikutip laman Space.com, Jumat (10/4/2020).

Sementara ketiga astronot ini akan pulang ke Bumi, tiga astronot lainnya dikirim ke ISS sebelum Meir dan rekannya pulang. Mereka adalah astronot NASA Chris Cassidy dan kosmonot Rusia Anatoly Ivanishin, dan Ivan Vagner yang dijadwalkan meluncur pada 9 April.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS