alexametrics

Menyikat Gigi Ekstra Diklaim Bisa Bantu Terlindung dari Virus Corona

Dythia Novianty
Menyikat Gigi Ekstra Diklaim Bisa Bantu Terlindung dari Virus Corona
Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)

Dari memakai masker hingga rutin mencuci tangan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena virus corona.

Suara.com - Dari memakai masker hingga rutin mencuci tangan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko terkena virus corona. Sekarang, seorang ahli menyatakan bahwa menyikat gigi ekstra juga dapat membantu melindungi Anda dari Covid-19.

Profesor Martin Addy, seorang profesor kedokteran gigi di University of Bristol, menyerukan agar menyikat gigi dipromosikan bersamaan dengan mencuci tangan.

Sebagaimana melansir laman Mirror, mengutip The Telegraph, Selasa (20/10/2020), dia menjelaskan bahwa pasta gigi mengandung deterjen yang sama seperti ditemukan pada gel pencuci tangan yang direkomendasikan.

"Tindakan antimikroba pasta gigi di mulut berlangsung selama tiga hingga lima jam dan, dengan demikian akan mengurangi viral load dalam air liur atau infeksi oleh virus yang memasuki mulut," katanya.

Baca Juga: Studi: CBD Bisa Bantu Kurangi Kerusakan Paru-paru Akibat Virus Corona

Ilustrasi mencuci tangan. (Pixabay)
Ilustrasi mencuci tangan. (Pixabay)

Profesor Addy menyarankan agar orang-orang harus menyikat gigi setiap kali meninggalkan rumah.

“Untuk sebagian besar, waktu menyikat gigi harus difokuskan ketika mereka akan keluar rumah untuk berolahraga atau berbelanja. Idealnya, frekuensi menyikat gigi harus ditingkatkan,” tambah dia.

Ini bukan pertama kalinya Profesor Addy mempromosikan gagasan menyikat gigi ekstra untuk mengurangi risiko Covid-19.

Dalam surat sebelumnya ke British Dental Journal, Profesor Addy mengatakan, dia terkejut karena profesi gigi tidak mempromosikan menyikat gigi sebagai pendekatan pencegahan terhadap virus corona.

Dia menambahkan bahwa praktik kebersihan mulut yang direkomendasikan, yaitu menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit harus diperkuat.

Baca Juga: 5 Faktor Seseorang Harus Lakukan Isolasi, Berapa Lama Masa Karantinanya?

Addy mengatakan, banyak dari mereka yang tidak melakukan ini adalah beberapa yang paling rentan terhadap Covid-19, seperti orang tua di panti jompo yang mengandalkan pengasuh untuk menyikat gigi.

Komentar