alexametrics

Google Desain Ulang Hasil Pencarian di Ponsel, Jadi Lebih Bersih

Yazir Farouk | Lintang Siltya Utami
Google Desain Ulang Hasil Pencarian di Ponsel, Jadi Lebih Bersih
Ilustrasi Google Search di ponsel. [Shutterstock]

Desain baru menghilangkan bagian atas yang terpisah dan menjadikannya satu dengan galeri informasi serta gambar yang ditampilkan di bawah.

Suara.com - Google mengumumkan desain ulang yang signifikan tentang tampilan hasil Pencarian (Search) di ponsel Android dan iOS. Perombakan ini berfokus pada kesederhanaan sehingga tampilan lebih bersih dan mudah dibaca.

Perubahan ini dimulai pada bagian atas layar di mana bidang pencarian sekarang secara visual menampilkan logo perusahaan, avatar profil, dan elemen lainnya. Kedalaman tambahan ini menggantikan bagaimana bilah pencarian sebelumnya menggunakan garis abu-abu samar.

Filter pencarian yang muncul di bawah juga tidak lagi menggunakan huruf besar dan kategori saat ini hanya ditandai dengan garis bawah hitam, bukan biru.

Dilansir dari 9to5google, panel pengetahuan saat ini dibedakan dengan header besar yang menyertakan nama dan kategori, sedangkan latar belakang juga muncul dengan tema lebih ringan.

Baca Juga: Perusahaan Balon Internet Google Tutup, Tadinya Mau Digunakan Indosat

Desain baru hasil pencarian Google di ponsel [9to5google.com]
Desain baru hasil pencarian Google di ponsel [9to5google.com]

Desain baru menghilangkan bagian atas yang terpisah dan menjadikannya satu dengan galeri informasi serta gambar yang ditampilkan di bawah.

Jika pengguna menggulir ke halaman bawah, hasil web sekarang membentang dari tepi kiri ke kanan. Secara keseluruhan, ini membantu memberikan lebih banyak ruang untuk konten dan menghasilkan tampilan yang lebih bersih.

"Memikirkan ulang desain visual untuk Penelusuran benar-benar rumit, mengingat betapa Google Penelusuran telah berkembang pesat. Kami tidak hanya mengatur informasi web, tetapi semua informasi dunia. Sekarang ada begitu banyak keragaman dalam jenis konten dan informasi yang kami miliki untuk membantu kami memahaminya," kata Aileen Cheng, Desainer Google, seperti dikutip dari Android Central pada Sabtu (23/1/2021).

Perubahan lainnya juga terlihat pada penggunaan font Google Sans yang kini lebih banyak ditempatkan pada skala yang lebih besar. Teks dalam font eksklusif perusahaan lebih mudah dibaca di latar belakang putih dan jauh lebih besar di beberapa tempat, seperti bagian Grafik Pengetahuan.

Tujuan perombakan ini pada perangkat seluler adalah untuk mempermudah pencarian. Pembaruan desain ulang ini akan tersedia secara luas selama beberapa hari mendatang di Android dan iOS.

Baca Juga: Google Ancam Tutup Layanannya di Australia

Pencarian dekstop sudah memiliki desain ulang serupa tetapi hanya untuk jenis kueri tertentu, seperti yang terkait dengan virus Corona (Covid-19).

Komentar