alexametrics

Tahun Ini! SpaceX Akan Terbangkan Miliarder Jared Isaacman ke Luar Angkasa

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Tahun Ini! SpaceX Akan Terbangkan Miliarder Jared Isaacman ke Luar Angkasa
Roket Falcon 9 dari SpaceX yang membawa kapsul Crew Dragon dan dua astronot AS, meluncur dari Florida pada 30 Mei 2020. [AFP/Gregg Newton]

SpaceX akan menggunakan pesawat luar angkasa Crew Dragon "Resilience" untuk Inspiration4.

Suara.com - Perusahaan dirgantara swasta milik Elon Musk akan menerbangkan miliarder Jared Isaacman, dalam perjalanan ke luar angkasa pada tahun ini.

Isaacman yang juga seorang pilot ulung akan memimpin misi empat orang disebut Inspiration4 di atas kapsul SpaceX Crew Dragon.

"Ini akan menjadi misi orbital berawak swasta pertama dalam sejarah," kata Musk dalam telekonferensi pada 1 Februari.

SpaceX akan menggunakan pesawat luar angkasa Crew Dragon "Resilience" untuk Inspiration4. Resilience saat ini berlabuh di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada misi Crew-1.

Baca Juga: Detik-detik Batu Diduga Meteor Jatuh di Lampung Tengah

Miliarder Jared Isaacman yang akan menggunakan SpaceX ke luar angkasa. [Businesswire]
Miliarder Jared Isaacman yang akan menggunakan SpaceX ke luar angkasa. [Businesswire]

Rencananya, Resilience akan lepas landas dengan bantuan roket Falcon 9 dari Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida, menghabiskan sekitar dua hingga empat hari mengelilingi Bumi, dan kembali turun.

Musk mengatakan bahwa misi sepenuhnya masih dikerjakan dan sebagian besar detail akan tergantung pada Isaacman.

Inspiration4 dirancang untuk menginspirasi publik dan membantu mengumpulkan dana untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude di Memphis.

Rumah sakit tersebut merupakan institusi terdepan dalam memerangi kanker dan penyakit lain yang merawat anak-anak secara gratis.

Menurut Isaacman, Inspiration4 adalah realisasi dari mimpi seumur hidup dan langkah menuju masa depan di mana siapa pun dapat menjelajah.

Baca Juga: Canggih! Lewat Luar Angkasa, Ilmuwan Bantu Lindungi Populasi Gajah Afrika

"Saya ingin menggunakan momen bersejarah ini untuk menginspirasi umat manusia sambil membantu mengatasi kanker pada anak-anak," kata Isaacman, seperti dikutip dari Space.com, Selasa (2/2/2021).

Komentar