alexametrics

Uji Terbang, Starship Misi Mars Meledak saat Mendarat

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Uji Terbang, Starship Misi Mars Meledak saat Mendarat
Starship misi Mars meledak. [SpaceX/AFP]

Pesawat luar angkasa Starship untuk misi Mars milik SpaceX meledak.

Suara.com - Pesawat luar angkasa Starship untuk misi Mars milik SpaceX meledak saat mendarat usai melakukan uji terbang.

Prototipe Starship SN9 itu diluncurkan pada Selasa (2/2/2021), dari fasilitas Boca Chica SpaceX di Texas dan berhasil mencapai ketinggian sekitar 10 kilometer.

Sebelum mencapai landasan pendaratan, pesawat itu melakukan manuver landing flip yang kompleks tetapi gagal memperbaiki posisi dengan benar, dan berakhir menabrak landasan pendaratan.

Upaya sebelumnya untuk meluncurkan dan mendaratkan prototipe Starship pada Desember, juga menghasilkan ledakan setelah pendaratan gagal.

Baca Juga: Tahun Ini! SpaceX Akan Terbangkan Miliarder Jared Isaacman ke Luar Angkasa

Starship misi Mars meledak. [SpaceX/AFP]
Starship misi Mars meledak. [SpaceX/AFP]

SpaceX mengatakan, upaya lain untuk meluncurkan dan mendaratkan prototipe Starship diharapkan dalam waktu dekat, dengan SN10 sudah terletak di landasan peluncuran.

Perusahaan menekankan pentingnya dan kesulitan mencapai pendaratan yang aman untuk Starship di situs web resminya menjelang peluncuran.

"Sebuah penurunan aerodinamis terkontrol dengan body flap dan kemampuan pendaratan vertikal, dikombinasikan dengan pengisian ulang di luar angkasa, sangat penting untuk mendaratkan Starship di tujuan," tulis SpaceX, seperti dikutip dari Independent, Rabu (3/2/2021).

Starship diharapkan menjadi sistem transportasi yang sepenuhnya dapat digunakan kembali untuk membawa awak dan kargo, dalam penerbangan jarak jauh antarplanet dan membantu umat manusia kembali ke Bulan serta melakukan perjalanan ke Mars dan sekitarnya.

Elon Musk sebelumnya menyatakan bahwa ia berharap dapat memproduksi hingga 100 Starship setiap tahun yang masing-masing mampu membawa hingga 100 orang.

Baca Juga: Jawab Rasa Penasaran, Wanita Ini Bocorkan Rasanya Kerja dengan Elon Musk

CEO SpaceX itu sering berbicara tentang ambisinya untuk mengubah umat manusia menjadi spesies multi-planet dan berharap untuk mengirim manusia pertama ke Mars pada awal 2024.