alexametrics

Vaksin Covid-19 Oxford Diklaim 90 Persen Efektif Satu Suntikan

Dythia Novianty
Vaksin Covid-19 Oxford Diklaim 90 Persen Efektif Satu Suntikan
Ilustrasi Oxford of University. [Shutterstock]

Vaksin Oxford / Astra Zeneca Covid diklaim terbukti sedikit lebih efektif daripada suntikan Pfizer.

Suara.com - Vaksin Oxford / Astra Zeneca Covid diklaim terbukti sedikit lebih efektif daripada suntikan Pfizer dalam mengurangi kasus rumah sakit di antara yang berusia di atas 70-an.

Penelitian terbaru mengungkap, sekali suntikan kedua vaksin dikatakan 90 persen efektif dalam mencegah mereka yang terinfeksi keluar dari rumah sakit.

Inggris telah melampaui negara tetangga Eropa dengan peluncuran vaksinnya yang cepat, dengan semua orang dewasa ditetapkan mendapatkan satu dosis sebelum 31 Juli, mendatang.

Data terbaru menunjukkan bahwa hampir 20 juta orang di Inggris sekarang telah mendapatkan suntikan pertama mereka.

Baca Juga: Malaysia Terima Vaksin COVID-19 300 Ribu Dosis Dari China

Prancis dan Jerman awalnya menolak untuk mengizinkan vaksin Oxford diberikan kepada mereka yang berusia di atas 65 tahun di tengah kekhawatiran atas data uji coba, tetapi sekarang telah berbalik.

Angka vaksinasi satu dosis dihitung dengan membandingkan tingkat rawat inap Covid-19 pada mereka yang telah menerima dosis pertama dengan mereka yang pada usia yang sama yang tidak.

AstraZeneca. [Paul Ellis/AFP]
AstraZeneca. [Paul Ellis/AFP]

Kematian di antara mereka yang berusia di atas 75 tahun telah turun hingga 40 persen, sementara jumlah di atas 85 yang dirawat di perawatan intensif mengalami penurunan.
turun mendekati nol.

Dilansir laman Mirror mengutip dari Dailymail, Senin (1/3/2021), hasil studi dari peluncuran NHS di Inggris menunjukkan bahwa satu dosis suntikan Oxford sebenarnya sedikit lebih baik dalam menghentikan orang yang sakit parah sehingga harus pergi ke rumah sakit.

Inggris mempertaruhkan rencana vaksinnya pada satu dosis yang efektif, setelah memutuskan meninggalkan jeda 12 minggu di antara dosis.

Baca Juga: Studi: Satu Suntikan Vaksin Pfizer Efektif Lindungi Mantan Pasien Covid-19

Hasil penelitian ini juga merupakan pembenaran dari Inggris yang menyetujui vaksin Oxford untuk digunakan pada orang tua, dengan itu sebenarnya terbukti sedikit lebih efektif di antara yang berusia di atas 70-an daripada Pfizer.

Komentar