alexametrics

Ikuti Siri dan Google Assistant, Facebook Juga Punya Asisten Pintar

Dythia Novianty | Dicky Prastya
Ikuti Siri dan Google Assistant, Facebook Juga Punya Asisten Pintar
Ilustrasi Facebook [shutterstock]

Facebook bergabung dengan iOS ataupun Android yang memiliki asisten pintar seperti Siri dan Google Assistant.

Suara.com - Facebook kini memperkenalkan kata perintah baru, "Hey Facebook" untuk perangkat pintarnya sendiri.

Facebook bergabung dengan iOS ataupun Android yang memiliki asisten pintar seperti Siri dan Google Assistant, di mana mereka menyebut kata "Hey Siri" atau "Hey Google" sebagai perintah untuk mengaktifkan asisten tersebut.

Dikutip dari 9to5mac, Senin (1/3/2021), perintah tersebut bisa diaktifkan di perangkat mereka yang disebut Portal. Portal merupakan sebuah tablet atau Smart Display yang dirancang untuk digunakan di rumah atau di meja.

Selain itu, perintah "Hey Facebook" juga bisa digunakan di perangkat Oculus VR yang juga telah dimiliki oleh perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut.

Baca Juga: Cara Berbagi Foto dan Stories Instagram ke Facebook Otomatis

Kini pengguna Oculus Quest sekarang dapat menggunakan perangkatnya dengan perintah hands free lewat "Hey Facebook". Pengguna bisa melakukan perintah seperti "Hey Facebook, ambil screenshot," atau "Hai Facebook, tunjukkan siapa saja yang sedang online."

Perangkat Portal sebelumnya juga memiliki kata perintah serupa, "Hey Portal". Namun Facebook telah menggantikannya dengan kata perintah baru.

Apple Siri. [Shutterstock]
Apple Siri. [Shutterstock]

Seperti asisten virtual lainnya, perangkat tersebut akan merekam dan menyalin apa yang dikatakan pengguna setelah mengidentifikasi perintah mereka.

Facebook juga mengatakan bahwa fitur ini opsional dan bisa dinonaktifkan pengguna.

"Jika Portal mendeteksi kata perintah, indikator visual akan muncul di bagian bawah layar. Portal kemudian akan mulai merekam dan mentranskripsikan suara anda. Rekaman dan transkripsi ini akan dikirim ke server Facebook secara real-time untuk menanggapi permintaan anda," jelas Facebook.

Baca Juga: Dituduh Lakukan Pelanggaran Privasi, Facebook Diharuskan Bayar Rp 9,3 T

Namun inovasi ini dinilai bakal menimbulkan masalah privasi baru karena Facebook dikenal suka mengumpulkan data pengguna tanpa izin.

Komentar