alexametrics

Ngeri! Hewan Misterius Tanpa Wajah Sepanjang 8 Meter Ditemukan

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ngeri! Hewan Misterius Tanpa Wajah Sepanjang 8 Meter Ditemukan
Hewan misterius tanpa wajah. [Facebook]

Hewan yang mati itu sebenarnya adalah basking shark (Cetorhinus maximus), ikan terbesar kedua setelah hiu paus yang memakan plankton dengan filter.

Suara.com - Tim Pemantau Lingkungan Laut (MEM) di Inggris, menemukan hewan laut misterius yang terdampar di pantai dengan ukuran tubuh sepanjang delapan meter.

Hewan tersebut ditemukan di Pantai Wales dalam keadaan sedikit membusuk, terlihat menggumpal dan tanpa wajah. Para ahli dibuat bingung dengan spesies apa hewan tersebut.

Tim MEM mulai memotret figur hewan tersebut dan meminta bantuan dari Museum Sejarah Alam London, untuk bekerja sama mengidentifikasi tulang rawan serta jaringan hewan.

Penyelidikan mengonfirmasi bahwa hewan yang mati itu sebenarnya adalah basking shark (Cetorhinus maximus), ikan terbesar kedua setelah hiu paus yang memakan plankton dengan filter.

Baca Juga: Misterius! Ribuan Gurita, Bintang Laut, dan Makhluk Laut Lain Mati di Rusia

"Kami mencoba menyelidiki apa penyebab kematiannya. Sayang, biasanya kami hanya dapat melakukannya pada hewan yang benar-benar segar," kata Mat Westfield, Strandings Coordinator for Wales, dikutip dari IFL Science, Selasa (9/3/2021).

Dengan temuan yang satu ini, dia menambahkan, hal itu tidak mungkin dilakukan, jadi para peneliti pergi bersama untuk memastikan makhluk apa sebenarnya itu.

Hewan misterius tanpa wajah. [Facebook]
Hewan misterius tanpa wajah. [Facebook]

Ketika hewan mati yang lebih segar ditemukan, Westfield dan timnya akan mengangkut spesimen ke Kebun Binatang London, tempat nekropsi dapat dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian hewan.

Meskipun sudah terlambat untuk membedah hewan, informasi yang didapat bisa digunakan organisasi konservasi untuk memberikan perlindungan lebih baik bagi spesies laut.

Sebagai spesies yang terancam punah, mengumpulkan informasi tentang basking shark adalah pekerjaan yang sangat penting, tetapi hewan itu sangat jarang ditemukan terdampar oleh tim di Inggris.

Baca Juga: Bikin Takjub, Hewan Laut Ini Punya Bentuk Mirip Kelabang!

"Sangat jarang bagi kami menemukan hewan itu terdampar di garis pantai seperti ini. Kami sebelumnya pernah mendapat laporan satu tahun lalu di Newport, tetapi kami tidak datang cukup cepat sehingga hewan itu tergulung ombak," tambah Westfield.

Komentar