alexametrics

Terperangkap Selama 50 Tahun, Makhluk Laut Aneh Ditemukan di Antartika

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Terperangkap Selama 50 Tahun, Makhluk Laut Aneh Ditemukan di Antartika
Gunung es A-74 yang baru terpecah di Antartika. [Alfred Wegener Institute for Polar and Marine Research (AWI)]

Makhluk laut itu hidup terperangkap di bawah lapisan es selama 50 tahun.

Suara.com - Komunitas kehidupan laut yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya, ditemukan saat gunung es raksasa terpisah di Antartika bulan lalu.

Makhluk laut itu hidup terperangkap di bawah lapisan es selama 50 tahun dan sekarang para peneliti telah mengungkap jenis kehidupan tersebut.

Menjelajah melalui celah sempit di antara gunung es yang baru terpisah bernama A-74 dan Brunt Ice Shelf di Antartika utara.

Kapal penelitian Jerman Polarstern mengambil rekaman selama berjam-jam dan ribuan foto makhluk laut yang hidup sejauh 30 kilometer di bawah permukaan.

Baca Juga: Gunung Es Seukuran London Pecah di Stasiun Penelitian Inggris

Para peneliti menemukan komunitas moluska, pengumpan filter, bintang laut, teripang, dan setidaknya lima spesies ikan dan dua spesies cumi-cumi.

"Gambar pertama dari dasar laut mengungkapkan tingkat keanekaragaman hayati yang menakjubkan di wilayah yang tertutup es tebal selama beberapa dekade," kata para ahli dari Alfred Wegener Institute for Polar and Marine Research (AWI) di Jerman.

Fitoplankton. [NOAA]
Fitoplankton. [NOAA]

Dilansir dari Live Science, Minggu (21/3/2021), penemuan ini membuat para peneliti sedikit bingung, terutama karena adanya pengumpan filter yang tidak bergerak.

Hewan-hewan tersebut (termasuk karang dan spons) bertengger di tempat dan menunggu nutrisi datang dengan sendirinya, biasanya dalam bentuk fitoplankton atau sejenis ganggang laut mikroskopis.

Fitoplankton mengandalkan sinar Matahari untuk fotosintesis dan cenderung mengapung di bagian atas lautan untuk mendapat sinar Matahari yang cukup.

Baca Juga: Bentuk Kehidupan Misterius Ditemukan di Bawah Lapisan Es Antartika

Karena itu, menemukan komunitas makhluk laut pemakan fitoplankton yang hidup di kegelapan di bawah es Antartika adalah sesuatu yang membingungkan.

Komentar