alexametrics

Bintang Mirip Matahari Cenderung Memakan Planet, Ancaman Bumi?

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Bintang Mirip Matahari Cenderung Memakan Planet, Ancaman Bumi?
Ilustrasi Astronom. [Martin Sattler/Unsplash]

Para astronom menemukan bukti kuat bahwa hingga seperempat bintang mirip Matahari.

Suara.com - Para astronom menemukan bukti kuat bahwa hingga seperempat bintang mirip Matahari, memiliki kebiasaan buruk dengan memakan planet yang berada di sistemnya sendiri.

Meski begitu, ini merupakan kabar baik bagi para ahli karena bisa membantu mencari planet mirip Bumi lainnya.

Dalam studi ini, tim astronom internasional mempelajari sampel 107 pasangan biner bintang (sistem bintang yang terdiri dari dua komponen bintang yang mengorbit disekitar pusat massa) mirip Matahari.

Para ilmuwan menemukan bahwa 33 bintang memiliki tingkat zat besi terlalu tinggi yang tidak sesuai dengan pemahaman saat ini mengenai evolusi bintang.

Baca Juga: 5 Momen Joe Taslim Jadi Bintang Iklan, Aktingnya Bikin Penonton Susah Lupa

Para ahli memiliki dua penjelasan untuk keanehan tersebut.

Pertama, pasangan bintang biner terdiri dari hal-hal yang berbeda sejak diciptakan dan kedua, salah satu bintang memakan satu atau tiga planet.

Biner bintang. [NASA]
Biner bintang. [NASA]

Namun, analisis lebih menunjuk ke opsi terakhir.

"Pengamatan menunjukkan skenario di mana bintang-bintang tercemar oleh materi mirip Bumi yang berasal dari sistem planet mereka," kata Lorenzo Spina, pemimpin penelitian dari Observatorium Nasional Italia.

Spina menambahkan bahwa ada kemungkinan bahwa Matahari juga akan melakukan hal yang sama, memakan planet dalam sistemnya sendiri, termasuk Bumi.

Baca Juga: Geser BTS, NCT Dream Jadi Bintang K-Pop Paling Berpengaruh Tahun 2021

Matahari menunjukkan sedikit tanda akan menelan Merkurius, setidaknya sebelum bintang itu menjadi super raksasa merah dan mengembang untuk menelan sebagian besar tata surya bagian dalam.

Komentar