alexametrics

SpaceX Gunakan Nama Astronaut NASA untuk Kapal Baru

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
SpaceX Gunakan Nama Astronaut NASA untuk Kapal Baru
Ilustrasi kantor NASA. [Jahsie Ault/Unsplash]

SpaceX menamai dua kapal pemulihan baru milik perusahaan menggunakan nama astronaut NASA.

Suara.com - SpaceX menamai dua kapal pemulihan baru milik perusahaan menggunakan nama astronaut NASA, Bob dan Doug.

Salah satu dari kapal tersebut akan membantu dalam upaya pemulihan misi kru terbaru SpaceX yang disebut Inspiration 4.

Kapal-kapal tersebut dinamai Bob Behnken dan Doug Hurley, dua astronaut NASA yang pertama kali terbang di dalam pesawat ruang angkasa awak Dragon.

Misi keduanya dikenal sebagai Demo-2 dan merupakan uji terbang terakhir dari program kru komersial SpaceX.

Baca Juga: NASA Tunjuk Falcon Heavy SpaceX, Luncurkan Satelit Cuaca GOES-U

Keberhasilan misi itu membuka jalan bagi penerbangan rutin astronaut ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) hingga Inspiration 4.

Armada kapal pemulihan SpaceX masing-masing memiliki tujuannya sendiri, mulai dari menangkap booster tahap pertama hingga mengambil fairing yang jatuh.

Logo SpaceX. [Patrick T. Fallon/AFP]
Logo SpaceX. [Patrick T. Fallon/AFP]

Dua kapal tersebut dirancang untuk menangani berbagai tugas dan bahkan akan mengambil bagian dalam misi Inspiration 4 yang diluncurkan pada 15 September.

Misi tersebut melibatkan empat kru warga sipil yang meluncur di dalam pesawat luar angkasa Crew Dragon dan akan melakukan perjalanan selama tiga hari mengelilingi Bumi.

Dilansir dari Space.com, Senin (13/9/2021), misi itu adalah bagian dari upaya untuk mengumpulkan jutaan dolar untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude.

Baca Juga: SpaceX Akan Kirim Lagu Berbentuk NFT Pertama ke Luar Angkasa

Bob dan Doug adalah kapal pemasok anjungan sebelumnya. Namun, SpaceX membuat modifikasi pada kapal, termasuk melengkapinya dengan derek besar yang dapat menarik bagian fairing keluar dari laut.

Tak hanya itu, dua kapal baru ini juga akan membantu menderek kapal-kapal drone ke laut. Kapal-kapal baru akan memungkinkan SpaceX untuk merampingkan upaya pemulihannya.

Masih tidak diketahui apakah kapal Bob akan ikut serta dalam misi Inspiration 4, tetapi Doug akan melakukan uji coba laut minggu ini sebelum meninggalkan pelabuhan untuk zona pemulihan.

Komentar