alexametrics

Bukan Hiburan Semata, Komunitas YouTube di Indonesia Haus Pengetahuan

Dythia Novianty
Bukan Hiburan Semata, Komunitas YouTube di Indonesia Haus Pengetahuan
Ilustrasi Youtuber / kreator Youtube (Pinterest)

YouTube dibangun di atas premis keterbukaan, termasuk membuka kesempatan belajar.

Suara.com - Kreator konten Indonesia haus akan pengetahuan dan terus mendefinisikan ulang apa artinya menjadi seniman, penghibur, dan pemimpin opini dimanapun mereka berada.

YouTube dibangun di atas premis keterbukaan, termasuk membuka kesempatan belajar.

Menurut data YouTube, waktu tonton video terkait pengetahuan, yang mencakup topik-topik seperti sains, humaniora, bisnis, dan hukum, di Indonesia pun tinggi.

Dalam satu tahun terakhir hingga Juni 2020 tumbuh lebih dari 80 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca Juga: Cara Buat Channel YouTube dengan Mudah di HP dan PC

“Video seperti ini memungkinkan cerita seperti bagaimana YouTube membantu seorang siswa mengerjakan pekerjaan rumah matematikanya, menginspirasi lebih banyak kreator," kata jelas Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia.

Menurutnya, kreator konten di seluruh negeri membawa YouTube sebagai platform untuk komunitas orang - orang dengan minat dan passion yang sama, juga 'pembelajar seumur hidup' berkumpul.

Ilustrasi YouTube. [Shutterstock]
Ilustrasi YouTube. [Shutterstock]

Dia menambahkan, kreator seperti alumni NextUp Adithya Sofyan dan Jessica Veranda, mengubah YouTube menjadi tempat di mana mereka dapat menuangkan kreativitas, ruang kelas dan rumah terbesar di dunia untuk semua orang.

"Inilah mengapa kami berkomitmen untuk terus mendukung komunitas kreator konten berkembang, menemukan komunitas, mendobrak hambatan dan membuka peluang diri mereka, melalui berbagai inisiatif yang dapat mendukung perkembangan mereka," beber Felicia.

YouTube NextUp adalah sebuah inisiatif yang diluncurkan pada 2017 dan didedikasikan untuk membina kreator konten baru untuk mempercepat pertumbuhan kanal dan membawanya ke tingkat berikutnya.

Baca Juga: Penonton Youtube Indonesia Kian Tertarik dengan Konten Sains, Bisnis dan Hukum

Dari inisiatif ini, telah terpilih 12 kreator dari berbagai kategori entri yang melampaui batas bahasa, wilayah, atau genre konten, di seluruh Indonesia.

Komentar