alexametrics

4 Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh yang Perlu Diketahui

Rifan Aditya
4 Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh yang Perlu Diketahui
4 Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh yang Perlu Diketahui - Ilustrasi Makanan Berkarbohidrat. (freepik)

Karbohidrat adalah salah satu dari tiga makronutrien dalam makanan dan penting untuk berfungsinya tubuh. Lalu apa saja fungsi karbohidrat itu?

Suara.com - Karbohidrat adalah salah satu dari tiga makronutrien dalam makanan dan penting untuk berfungsinya tubuh. Lalu apa saja fungsi karbohidrat  itu?

Karbohidrat terdiri dari berbagai bentuk, mulai dari gula di dalam tepung pati dan serat makanan, serta hadir dalam banyak makanan sehari-hari. Manfaat dan fungsi karbohidrat  dapat bekerja optimal jika kandungannya dalam asupan makanan setiap hari dapat terpenuhi. 

Pada artikel ini, kita akan mengetahui fungsi karbohidrat untuk tubuh seperti dilansir dari Eufic, Minggu (5/12/2021).

Apa itu Karbohidrat?

Baca Juga: 4 Fungsi Protein Bagi Tubuh, Bisa Mempercepat Penyembuhan Luka

Sebelum mengetahui fungsi karbohidrat kalian perlu paham pengertiannya lebih dahulu. Karbohidrat merupakan sumber utama energi bagi tubuh. Jika seseorang tidak memiliki suplai karbohidrat yang baik, tubuhnya akan menggunakan protein dan lemak sebagai sumber energi.

Namun, karena protein sangat penting untuk banyak fungsi penting lainnya, seperti membangun dan memperbaiki jaringan, tubuh memilih untuk tidak menggunakannya untuk energi. Karbohidrat sendiri terdiri dari pati, gula, dan serat.

Apa Fungsi Karbohidrat?

Karbohidrat adalah bagian penting dari pola makan setiap orang. Yang terpenting, fungsi karbohidrat menyediakan energi untuk fungsi tubuh, seperti bergerak dan berpikir.

1. Sumber Energi

Baca Juga: 3 Opsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat untuk Asupan Harian, Nggak Melulu Harus Nasi

Selama pencernaan, karbohidrat yang terdiri dari satu jenis gula dipecah menjadi monosakarida oleh enzim pencernaan, langsung diserap usus kecil ke dalam aliran darah, dan menyebabkan respons glikemik. Tubuh kemudian menggunakan glukosa secara langsung sebagai sumber energi di otot, otak, dan sel lainnya. Beberapa karbohidrat yang tidak dapat dipecah mereka difermentasi oleh bakteri usus. 

Komentar