alexametrics

4 Fungsi Protein Bagi Tubuh, Bisa Mempercepat Penyembuhan Luka

Chyntia Sami Bhayangkara
4 Fungsi Protein Bagi Tubuh, Bisa Mempercepat Penyembuhan Luka
Ilustrasi telur rebus sebagai salah satu sumber protein yang menyimpan banyak fungsi protein (Pexels/Jane D.)

Protein memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Apa saja fungsi protein? Simak ulasannya berikut.

Suara.com - Berbagai nutrisi diperlukan oleh tubuh untuk mendukung kesehatan dan fungsi organ tubuh, salah satunya protein. Ternyata ada banyak fungsi protein bagi tubuh kita, salah satunya mempercepat penyembuhan luka.

Protein menjadi salah satu nutrisi yang sangat diperlukan, karena perannya yang cukup besar. Tak heran, ada banyak fungsi protein untuk tubuh. Fungsi Protein sendiri, bisa Anda temukan di penjelasan di bawah ini.

Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia

1. Pembentukan Enzim dan Hormon

Baca Juga: 4 Manfaat Minyak Bumi dari Bahan Bakar hingga Sumber Energi

Fungsi protein di dalam tubuh manusia akan berperan besar dalam pembentukan enzim dan hormon. Enzim sendiri memiliki fungsi untuk reaksi biokimia yang terjadi di dalam tubuh, seperti kontraksi otot, proses menghancurkan racun, dan pencernaan makanan.

Hormon, di sisi lain, bertugas mengirimkan sinyal dan mengatur proses biologis antara sel, jaringan, dan organ. Jadi secara mendasar, Protein memiliki fungsi masif di dalam tubuh. Itulah penjelasan mengenai fungsi protein dalam pembentukan enzim dan hormon.

2. Pembentukan Antibodi

Dalam proses metabolisme tubuh, fungsi protein lainnya berperan dalam pembentukan Imunoglobulin atau antibodi. Hal ini berperan besar dalam melawan infeksi bakteri atau virus, sehingga tubuh bisa terjaga kesehatannya.

Setelah berhasil membentuk antibodi, maka tubuh akan memiliki daya tahan yang kuat. Bakteri dan virus tak akan mudah memicu penyakit, karena tubuh sudah mengenali cara mengatasinya. Fungsi protein sangat penting bagi tubuh, bukan?

Baca Juga: 6 Manfaat Tanaman Tanduk Rusa yang Luar Biasa untuk Kesehatan Tubuh

3. Penyusunan dan Perbaikan Jaringan Tubuh

Komentar