facebook

3 Fungsi Tulang Telapak Kaki Manusia dan Penjelasan Lengkapnya

Chyntia Sami Bhayangkara
3 Fungsi Tulang Telapak Kaki Manusia dan Penjelasan Lengkapnya
Ilustrasi fungsi tulang telapak kaki (ist)

Tulang telapak kaki memiliki banyak fungsi, salah satunya berperan penting dalam menopang tubuh. Lantas, apa saja fungsi tulang telapak kaki? Simak ulasannya berikut.

Suara.com - Tulang telapak kaki adalah bagian anatomi yang paling penting dari tubuh untuk menyeimbangkan berat badan saat berjalan. Apa fungsi tulang telapak kaki?

Kaki memiliki permukaan dorsal (menghadap tanah) dan ventral (menghadap ke atas). Permukaan bawah atau ventral kaki juga dikenal sebagai telapak atau bawah kaki. Kaki dibagi dalam tumit, lengkungan kaki dan menonjol tulang anterior sendi metacarpophalangeal. Lantas, apa fungsi tulang telapak kaki?

Ada 3 fungsi utama telapak kaki:

  • Transmisi Berat – Mentransmisikan berat badan ke tanah selama berdiri, berjalan atau jogging.
  • Keseimbangan Postur – Menjaga keseimbangan postur saat berdiri, berjalan dan jogging.
  • Assist Ambulation – Ambulation bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Mengutip dari Epainassist.com, berikut penjelasan fungsi tulang telapak kaki satu per satu ada di bawah ini.

Baca Juga: Ilmuwan Menemukan Bagian Tubuh Lain di Daerah Rahang, Ternyata Punya Tugas Penting!

1. Transmisi Berat

Mari kita pahami tungsi tulang telapak kaki kategori transmisi barat melalui struktur anatomi berikut:

Lengkungan berfungsi sebagai pegas karena sifat elastis ligamen dan tendon, yang mendukung lengkungan dan menghubungkan sendi. Berat ditransmisikan secara anterior dan posterior melalui lengkungan.
Transmisi posterior berat melewati tulang calcaneus ke tanah. Transmisi anterior berat melewati dasar jari kaki besar secara medially (sisi dalam) dan dasar 4 jari kaki di sisi lateral (luar).

Sebagian besar berat dalam posisi berdiri ditransmisikan ke tanah dari ujung kaki besar dan tulang calcaneus tetapi sebagian kecil dari berat juga ditransmisikan ke tanah dari sisa 4 jari kaki dan kaki lateral yang bersentuhan dengan tanah. Transmisi berat badan selama berjalan, berlari dan melompat tergantung pada bagian kaki yang bersentuhan dengan tanah. Mari kita perjelas satu per satu.

a. Transmisi Berat Melalui Lengkungan Kaki

Baca Juga: Mengenal Fungsi Tulang Hasta dan Fakta Menariknya

Lengkungan kaki adalah bagian tengah dari sol, yang terletak di antara tumit dan jari kaki. Tulang, ligamen dan lengkungan dukungan tendon. Lengkungan kaki dibagi dalam lengkungan longitudinal dan melintang. Setelah tulang mendukung lengkungan sebagai berikut:
- 5 tulang metatarsal
- 1 tulang cuboid
- 1 tulang navicular dan
- 3 tulang cuneiform.

Komentar