facebook

Telkom: Jaringan Internet di Merauke Ditargetkan Nornal di Akhir Mei

Liberty Jemadu
Telkom: Jaringan Internet di Merauke Ditargetkan Nornal di Akhir Mei
Direktur Network dan IT Solution PT Telkom Herlan Wijanarko (kanan) menjelaskan kendala layanan Telkom di Papua pada Selasa (10/5/2022). [Suara.com/Dicky Prastya]

Kapal yang bertugas untuk memperbaiki kabel bawah laut Telkom sudah tiba.

Suara.com - PT Telkom Witel Papua pada Kamis (26/5/2022) mengatakan telah menargetkan jaringan internet di Kabupaten Merauke normal pada akhir Mei 2022.

General Manajer Telkom Papua Agus Widhiarsana di Jayapura mengatakan hingga kini proses penyambungan kabel laut masih terus dikerjakan oleh PT Telkom Indonesia.

"Semoga proses ini bisa berjalan lancar supaya jaringan bisa kembali normal," katanya.

Menurut Widhiarsana, kapal kabel telah berada di lokasi atau titik terjadinya kerusakan yaitu pada Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL).

Baca Juga: Telkom Dinilai Tepat Masuk ke Bisnis Data Center Melalui NeutraDC

"Kami harap proses penyambungan berjalan lancar dan akhir bulan Mei 2022 jaringan bisa normal," ujarnya.

Penurunan kualitas layanan internet di Kabupaten Merauke mulai terjadi di pada Minggu (27/3/2022) sekitar pukul 09.21 WIB akibat kabel laut yang putus dalam rangkaian SKKL Merauke- Timika di kedalaman 60 meter.

PT Telkom Indonesia memperkirakan putusnya kabel berjarak sekitar 270 kilometer dari Merauke. Akibatnya masyarakat di kawasan itu kehilangan akses 4G terhadap jaringan internet dan tentunya mengalami kesulitan telekomunikasi. [Antara]

Komentar