facebook

Telkom dan BRIN Kolaborasi Riset Perikanan, Agribisnis dan Pariwisata

Liberty Jemadu
Telkom dan BRIN Kolaborasi Riset Perikanan, Agribisnis dan Pariwisata
Telkom dan BRIN, pada Juni 2022, berkolaborasi mengembangkan riset di tiga sektor, yakni perikanan, agribisnis dan pariwisata. [Antara]

Kolaborasi riset Telkom dan BRIN ini direncanakan dalam waktu enam bulan.

Suara.com - Badan Riset dan Inovasi Nasional/BRIN dan Indonesia Telecommunication Digital Research Institute (ITDRI) PT Telkom Indonesia melakukan kerja sama riset untuk mengembangkan tiga sektor prioritas, yakni perikanan, agribisnis, dan pariwisata berbasis penerapan teknologi.

"Kolaborasi riset ini direncanakan dalam waktu enam bulan dan akan ditindaklanjuti sesuai skema tiga tahap pengembangan," kata Tim Leader Project untuk kerja sama Pusat Riset Makro dan Keuangan (PREKM) BRIN Bahtiar Rifai dalam keterangan yang diakses ANTARA di laman resmi BRIN di Jakarta, Sabtu.

Bahtiar menuturkan tiga tahapan pengembangan tersebut mencakup mulai dari studi dasar dan validasi teknologi BRIN, desain program dan promosi kolaborasi, hingga tahap implementasi.

Kerja sama tersebut dikukuhkan melalui penandatanganan naskah kerja sama penelitian antara Senior General Manager Telkom Corporate University Center dan Chairman of ITDRI Jemy V Confido dan Kepala PREKM BRIN Zamroni.

Baca Juga: Telkom Gandeng Syaamil untuk Kembangkan Konten Islami di Metaverse

Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Asisten Deputi Bidang Teknologi dan Informasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) M Rijal Kamal dan Kepala Organisasi Riset Tata Kelola Pemerintahan, Ekonomi, dan Kesejahteraan Masyarakat BRIN Agus Eko Nugroho

Kerja sama penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan solusi berbasis hasil riset yang mempunyai dampak signifikan terhadap perekonomian Indonesia.

Asisten Deputi Bidang Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN M Rijal Kamal mengatakan inovasi dan bisnis harus berjalan beriringan menuju visi pembangunan ekonomi Indonesia tahun 2024.

Ia menuturkan BUMN bisa mendorong teknologi baru yang tentu saja didukung pengembangan riset dari pemerintah agar lebih maju lagi.

"Banyak potensi program yang bisa dibina bersama, ini kesempatan agar sektor bisnis bisa masuk ke program pemerintah untuk percepatan anggaran," ujarnya.

Baca Juga: Telkom Berkoordinasi dengan Penegak Hukum untuk Perbesar Potensi Sinergi dengan Startup

Komentar