facebook

Instagram Bakal Melacak Aktivitas Web Pengguna?

Dythia Novianty
Instagram Bakal Melacak Aktivitas Web Pengguna?
Ilustrasi Instagram. [Souvik Banerjee/Unsplash]

Setiap kali pengguna mengklik tautan di dalam aplikasi, Instagram mampu memantau semua interaksi mereka.

Suara.com - Analisis baru Instagram menunjukkan bahwa setiap kali pengguna mengklik tautan di dalam aplikasi, Instagram mampu memantau semua interaksi mereka.

Mulai dari pilihan teks, bahkan input teks, seperti kata sandi dan detail kartu kredit pribadi dalam situs web di dalamnya. aplikasi.

Analisis yang dilakukan oleh Felix Krause menemukan bahwa Instagram dan Facebook di iOS menggunakan browser dalam aplikasi mereka sendiri, bukan yang ditawarkan oleh Apple untuk aplikasi pihak ketiga.

Sebagian besar aplikasi menggunakan Safari Apple untuk memuat situs web, tetapi Instagram dan Facebook telah menggunakan browser dalam aplikasi mereka sendiri untuk memuat situs web di dalam aplikasi.

Baca Juga: Meta Diam-Diam Uji Coba Super, Platform Live Streaming ala Twitch

Dengan browser yang dibuat khusus, masih berbasis WebKit, Instagram dan Facebook menyuntikkan kode JavaScript pelacakan bernama "Meta Pixel" ke semua tautan dan situs web yang ditampilkan.

Dengan kode itu, Krause menemukan, Meta memiliki kebebasan total untuk melacak interaksi pengguna tanpa persetujuan eksplisit mereka.

Penemuan Krause. [Krausefx]
Penemuan Krause. [Krausefx]

Ini memungkinkan Instagram untuk memantau semua yang terjadi di situs web eksternal tanpa persetujuan dari pengguna, atau penyedia situs web.

Aplikasi Instagram menyuntikkan kode pelacakan mereka ke setiap situs web yang ditampilkan, termasuk saat mengklik iklan, memungkinkan mereka memantau semua interaksi pengguna.

Seperti setiap tombol dan tautan yang diketuk, pilihan teks, tangkapan layar, serta input formulir apa pun, seperti kata sandi, alamat, dan nomor kartu kredit.

Baca Juga: Meta Dukung Kreator Game Bagi Pengalaman Imersif via Metaverse

Dibutuhkan upaya yang wajar bagi perusahaan seperti Meta untuk mengembangkan dan memelihara browser dalam aplikasi mereka sendiri, daripada menggunakan Safari bawaan Apple.

Komentar