Kominfo Minta Harga STB TV Digital Jadi Lebih Murah

Dicky Prastya
Kominfo Minta Harga STB TV Digital Jadi Lebih Murah
Menteri Kominfo Johnny G. Plate mendorong industri untuk menyediakan set top box (STB) dengan harga terjangkau ke masyarakat agar bisa lebih mudah menikmati siaran TV digital, Rabu (11/1/2023). [Suara.com/Dicky Prastya]

Menteri Kominfo Johnny G. Plate mendorong industri untuk menyediakan set top box (STB) dengan harga terjangkau ke masyarakat agar bisa lebih mudah menikmati siaran TV digital.

Suara.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mendorong ekosistem industri menyediakan set top box (STB) dengan harga terjangkau.

Menkominfo mengatakan kalau hal itu dilakukan guna mempermudah masyarakat untuk menikmati siaran TV digital usai mereka melaksanakan analog switch off (ASO) di 265 wilayah dari total 514 wilayah.

“Kami sudah melakukan ASO di banyak wilayah dan banyak masukan dari masyarakat. Salah satu input yang kita monitor dan menjadi perhatian pemerintah adalah distribusi dan ketersediaan STB serta harga yang terjangkau,” katanya dalam siaran pers, dikutip Rabu (11/1/2023).

Plate juga mendorong ekosistem industri untuk memperhatikan distribusi STB dan ketersediaan perangkat agar mendukung akses masyarakat ke siaran televisi digital.

Baca Juga: Kantongi Izin ULO dari Kominfo, Smartfren Siap Jualan 5G?

“Kami minta ini dikoordinasikan bersama-sama dengan asosiasi untuk diperhatikan dan perlu ditindaklanjuti agar bagaimana dengan perusahaan-perusahaan memproduksinya sehingga tersedia supply side yang cukup,” ujarnya.

Dia menjelaskan dari sisi supply side berdampak pada harga STB di masyarakat. Oleh karenanya perlu langkah strategis agar dapat menghadirkan harga STB yang terjangkau.

“Karena ada kelompok masyarakat yang membeli sendiri dan memasang sendiri sangat concern dengan ini, ada juga kelompok masyarakat yang harus mendapat STB gratis tetapi tidak atau belum didistribusikan dan diinstalasi,” tegas dia.