Bantul Kembali Gelar Kirab Siwur Setelah Vakum karena Pandemi

Rinaldi Aban | Wahyu Turi Krisanti

Kirab boyong siwur ini diikuti ratusan diikuti oleh ratusan peserta yang mengenakan pakaian adat Jawa

Suara.com - Prosesi kirab siwur ke-21 dilaksanakan Kamis (11/8/2022) dalam rangkaian prosesi nguras enceh yang akan dilaksanakan besok Jumat (12/8/2022). Kirab siwur tahun 2022 ini mengangkat tema “Dengan Semangat Budaya Imogiri Memperkokoh Bhineka Tunggal Ika Menuju Warisan Dunia”.

Kirab boyong siwur ini diikuti ratusan diikuti oleh ratusan peserta yang mengenakan pakaian adat Jawa berjalan dari halaman pendopo Kecamatan Imogiri menuju parkir wisata ziarah (Pajimatan) Wukirsari. Sesampainya di parkir wisata Pajimantan, siwur yang diboyong kemudian diserahkan kepada perwakilan abdi dalem Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta.

Ratusan peserta tersebut tergabung dalam beberapa bregodo antara lain bregodo bendera merah putih, bregodo tetengguling agama, bregodo juojo FORCIBB dan simbol-simbol budaya, bregodo pangembating projo, bregodo tandu kabupaten juru kunci Surakarta, bregodo tandu kabupaten Puralaya Yogyakarta, bregodo pamong atau lurah 8 desa se-kapanewon Imogiri dan bregodo kesenian.

Video Editor: Ariskha Ridhal Ikhrom

Komentar