Alexa

Julia Gouw, Wanita yang Jadi Bankir Sukses di Negeri Paman Sam

Adhitya Himawan
Julia Gouw, Wanita yang Jadi Bankir Sukses di Negeri Paman Sam
Julia Gouw, bankir sukses dari East West Bank, Amerika Serikat. [Dok pribadi]

Julia Gouw merupakan bangkir wanita papan atas di negeri adikuasa, Amerika Serikat.

Siapa bilang Indonesia adalah negara dengan kualitas sumber daya manusia yang lemah? Banyak bukti bahwa putera dan puteri tanah air memiliki kualitas yang tinggi dan mampu meraih kesuksesan besar di mancanegara.

Salah satunya adalah Julia Gouw, bangkir wanita papan atas di negeri adikuasa, Amerika Serikat. Mungkin dalam dunia perbankan Indonesia, sosok Julia Gouw belum terlalu tenar. Namun wanita kelahiran Surabaya tersebut merupakan bangkir yang disegani dalam industri perbankan Negeri Paman Sam.

"Saya lahir dan besar di Surabaya. Saya SMA di Santa Maria Surabaya. Saya melanjutkan kuliah di Amerika setelqh saya lulus saya bekerja do KPMG, di situlah awal karir saya dimulai," kata Julia kepada Suara.com, Senin (9/10/2017).

Pada tahun 1989, Julia memutuskan bergabung di East West Bank. Menurutnya, keputusan bergabung dengan East West Bank dipengaruhi rasa rindunya kepada Asia maupun kampung halamannya di Indonesia. "Walaupun saya di Amerika sudah cukup lama, saya selalu kangen Indonesia dan tinggal di Asia. Maka dari itu ketika ada kesempatan di East an West Bank, saya ambil karena di East and West Bank saya bisa lebih banyak berkeja sama dengan client dari Asia dimana saya berasal," jelasnya.

Julia Gouw, Wanita yang Jadi Bankir Sukses di Negeri Paman Sam - 1

Seiring berjalannya waktu, karir Julia Gouw semakin meroket. Julia masuk dalam daftar 25 Most Powerful Women in Banking menurut American Banker Magazine di lima tahun yang berbeda, yaitu 2003, 2005, 2006, 2007, dan 2011. Kini Julia menjabat sebagai Presiden dan Chief Operation Officer di East and West Bank Amerika Serikat (2009-2016).

“Anyone who wants to be a leader can be a leader”," ujar Julia membeberkan resep kunci kesuksesannya.

Terkait eskpansi bisnis East West Bank ke Indonesia, Julia mengakui potensi pasar perbankan Indonesia sangat besar. Hal ini mengingat Indonesia merupakan salah satu negara berpenduduk terbanyak di dunia sehingga pasar Indonesia dianggap menjanjikan.

"At this time. East West does not plan to open an office in Indonesia. However, we have many clients who do business and trade in Indonesia. There is tremendous opportunity to grow US Indo trade," jelasnya.

Walaupun Julia sibuk berkarir dalam industri perbankan, bukan berarti wanita tersebut tak punya kepedulian dalam berbagai persoalan penting yang lain. Julia juga memiliki kepedulian yang besar terhadap isu lingkungan, pendidikan, dan kesehatan perempuan

Julia Gouw, Wanita yang Jadi Bankir Sukses di Negeri Paman Sam - 2

"Dalam perjalanan karir saya, saya memiliki 2 mentor, yang pertama ia adalah seorang manager di Texaco, beliau yang menyarankan untuk saya minito karir di perusahaan besar terlebih dahulu. Itulah salah satunya mnengapa saya bekerja di KPMG dan mengembangakan fondasi karir saya. Mentor saya yang kedua saya temui ketika saya menjadi senior auditor di KPMG. She helped me gain the confidence I needed to succeed. She had more confidence in me than I did in myself at that time and with her mentorship, I was able to develop my confidence. I think that is the problem with women—they lack confidence to take on leadership positions because they do not see their own potential," tutupnya.

Baru-baru ini Julia menjadi Executive Producer film Bali: Beats of Paradise karya Livi Zheng, sutradara Indonesia di Hollywood. Salah satu karyanya sebelumnya Brush with Danger masuk seleksi nominasi Piala Oscar.

Banyak yang menggangap Julia sebagai wanita Indonesia yang memegang ranking tertinggi dalam dunia corporate di Amerika Serikat. Oleh sebab itu, tak heran jika Julia didapuk untuk berbicara bersama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada hari Rabu (11/10/2017) kemarin di The US-Indonesia Women’s CEO Summit, Washington, D.C.

"Saya tidak menyangka sama sekali bisa menjadi salah satu pembicara dalam acara ini tentunya sebuah kebanggaan bagi saya untuk bisa membuktikan putra putri asal Indonesia bisa berpretasi di tingkat dunia. Semoga dengan kehadiran saya dan ibu Sri Mulyani diajang The US-Indonesia Women’s CEO Summit bisa membuat ekonomi Indonesia makin bertumbuh dan Indonesia semakin dihargai dan mampu bersaing dengan negara lain," sambungnya.

The US-Indonesia Women's CEO Summit diselenggarakan oleh American Indonesian Chamber of Commerce. Acara ini mendatangkan eksekutif senior wanita dari sektor privat dan juga sektor publik. Acara ini akan mengupas kesuksesan mereka, bagaimana mereka bisa mencapai kesuksesan mereka dan apa rencana mereka kedepan.

Julia Gouw, Wanita yang Jadi Bankir Sukses di Negeri Paman Sam - 3
loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Hayoo ngaku siapa yang suka ngeliatin pria beruban 😆 #DidYouKnow
.
.
.
#fakta #faktapria #faktawanita #uban #rambut #catrambut #coloring #georgeclooney #markrufallo #tahukahkamu #likesforlikes #suaradotcom

INFOGRAFIS