Jalan Tol Pertama di Sulawesi Utara Ini akan Beroperasi Awal 2019

Adhitya Himawan | Dian Kusumo Hapsari
Jalan Tol Pertama di Sulawesi Utara Ini akan Beroperasi Awal 2019
Pembangunan Jalan Tol Manado - Bitung, Sulawesi Utara. [Dok Jasa Marga]

George mengaku pembangunan jalan tol Mando - Bitung cukup positif.

Suara.com - Mengingat pentingnya peran Jalan Tol Manado-Bitung guna memangkas waktu tempuh kota Manado ke kota Bitung atau sebaliknya, PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) terus melakukan percepatan guna memenuhi target pengoperasian yang telah ditetapkan, yakni pada awal tahun 2019.

Direktur Utama PT JMB George IMP Manurung, yang memimpin anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mengatakan bahwa pihaknya selalu melakukan percepatan atau akselerasi pembangunan fisik konstruksi dan pembebasan lahan bagi jalan tol dengan totak panjang 39,9 Km ini.

Dengan segenap upaya percepatan yang dilakukan oleh PT JMB, George menjelaskan bahwa hingga awal bulan Februari 2018, progres pembangunan konstruksi pembangunan proyek yang termasuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) untuk Seksi II A (Airmadidi-Danowudu) mencapai 47,456 persen dan Seksi II B (Danowudu-Bitung) mencapai 0,65 persen, sedangkan total progres konstruksi dari kedua seksi tersebut mencapai 14,97 persen.

 

"Khusus seksi II B progres akan ditingkatkan sehubungan dengan baru bertambahnya lahan yang sudah dibebaskan di bulan Januari 2018," kata George dalam keterangan resmi, Rabu (7/2/2018).

Dalam aspek pembebasan lahan di Seksi II A lahan bebas telah mencapai 97,74 persen sedangkan Seksi II B walaupun terdapat kendala di awal pembebasan namun kondisi terakhir mulai dapat diatasi dengan progres mencapai 59,29 perseb dari lahan yang dibutuhkan proyek pembangunan di kedua seksi tersebut. Atas upaya percepatan dan progres yang memenuhi target, George mengaku pembangunan jalan tol ini cukup positif.

“Sejauh ini pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung mengalami progres yang positif. Kami (PT JMB) selalu melakukan percepatan dalam bidang konstruksi dan pembebasan lahan. Dari segi pembebasan lahan, kami menempuh segala upaya, salah satunya adalah dengan melakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional maupun PPK Lahan,” papar George.

Jalan tol pertama di Sulawesi Utara ini memiliki total panjang 39,9 Km yang dibagi mejadi 4 seksi. PT JMB sebagai pemegang konsesi ruas Airmadidi-Bitung terbagi menjadi dua seksi sepanjang 25 Km, yaitu meliputi Seksi II A (Airmadidi-Danowudu) sepanjang 11,50 Km dan Seksi II B (Danowudu-Bitung) sepanjang 13,50 Km. Sisanya adalah konstruksi Seksi I A: Ring Road Manado-Sukur (7,9 Km) dan Seksi I B: Sukur-Air Madidi (7 Km) dibangun oleh Pemerintah.

Jika sudah beroperasi, Jalan Tol Manado-Bitung akan memangkas biaya logistik secara signifikan karena distribusi barang antar dua kota tersebut menjadi lebih cepat. Pengguna jalan juga dapat memangkas waktu tempuh dari Kota Manado ke Kota Bitung yang semula menghabiskan 90 hingga 120 menit, nantinya dapat ditempuh hanya dalam waktu 45 Menit.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS