Tingkatkan Kinerja, Kementerian BUMN MoU dengan 2 Kementerian

Pebriansyah Ariefana | Ria Rizki Nirmala Sari
Tingkatkan Kinerja, Kementerian BUMN MoU dengan 2 Kementerian
Menteri BUMN Rini Soemarno di Jakarta. [Dok Kementerian BUMN]

Menteri Risetdikti Mohammad Nasir pun mengatakan nota kesepahaman tersebut membantu BUMN untuk mencari informasi dari peneliti.

Suara.com - Menteri BUMN Rini Soemarno menandatangi nota kesepahaman (MoU) dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur. Penandatangan tersebut dilakukan di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Rini menjelaskan kerjasama tersebut diupayakan untuk menciptakan akselerasi reformasi birokrasi dalam pemerintahan sehingga menjadi pemerintahan berkelas dunia.

"Sebagai agent of development, BUMN telah menunjukkan kualitasnya sebagai perusahaan berkelas dunia. Pengalaman dan kompetensi BUMN perlu ditularkan pada birokrasi, guna mempercepat terwujudnya pemerintahan berkelas dunia," jelasnya.

Nota kesepahaman tersebut meliputi pengembangan Human Capital Management di lingkungan birokrasi pemerintahan. Mulai dari tahap perencanaan hingga purnabakti dan pengembangan entrepreneurship dalam penyelenggaraan birokrasi pemerintahan.

Selain itu juga penerapan teknologi informasi dalam tata kelola pemerintahan khususnya dalam pengembangan SDM serta pendayagunaan CEO BUMN dalam pendidikan dan pelatihan Aparatur Sipil Negara (ASN) tercantum dalam nota kesepakatan tersebut. Rini pun berharap dengan adanya nota kesepahaman tersebut mampu mendorong BUMN terlibat berpartisipasi aktif dalam upaya akselerasi reformasi birokrasi dan peningkatan kinerja birokrasi pemerintahan.

Rini juga menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristek & Dikti) Mohammad Nasir.

Kerja sama antara BUMN dan Menristekdikti tersebut ialah hilirisasi hasil invensi dan inovasi lembaga penelitian dan pengembangan serta perguruan tinggi di Indonesia. Menteri Rini menjelaskan kerja sama tersebut bertujuan untuk mengantar hasil riset litbang atau perguruan tinggi di Indonesia masuk ke berbagai sektor industri.

"Guna hilirisasi hasil invensi dan inovasi yang berorientasi terhadap kebutuhan dan pemanfaatan industri di BUMN," ujar Rini.

Menteri Risetdikti Mohammad Nasir pun mengatakan nota kesepahaman tersebut membantu BUMN untuk mencari informasi dari peneliti.

"Kita bekerjasama dengan BUMN, nanti BUMN BUMN yang ada memberikan informasi kebutuhan riset kedepan itu apa? Maka badan riset kami akan membantunya," katanya.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS