Proyek Infrastruktur Banyak yang Antre Minta Diresmikan Jokowi

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Proyek Infrastruktur Banyak yang Antre Minta Diresmikan Jokowi
Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/12). [ANTARA FOTO/Wahyu Putro]

"Banyak yang sudah selesai, tapi belum bisa kita resmikan,"

Suara.com - Presiden Jokowi menyebut, dalam waktu dekat ini banyak pembangunan infrastruktur yang akan selesai dan siap diresmikan.

"‎Dalam 4 tahun ini kita fokus dan konsen dalam pembangunan infrastruktur. Kita lihat pembangunan baik jalan, jalan tol, bandara, pelabuhan, bendungan, yang kita lihat sudah banyak selesai dan paling banyak akhir tahun ini dan awal 2019 banyak yang selesai," ujar Jokowi di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (11/12/2018).

Bahkan, kata Jokowi, terdapat proyek-proyek infrastruktur yang telah selesai dan tinggal dilakukan peresmian.

"Kemudian lain-lainnya kayak bendungan antre untuk diresmikan, tapi mengaturnya sulit masih kita atur. Banyak yang sudah selesai, tapi belum bisa kita resmikan termasuk pelabuhan besar Kuala Tanjung yang awal bulan depan akan kita resmikan termasuk Makassar New Port pelabuhan besar akan diselesaikan di awal 2019‎," tambah dia.

Selain itu, mantan Walikota Solo ini menuturkan, pembangunan infrastruktur yang akan selesai pada akhir 2018 ini salah satunya Jalan Tol Jakarta-Surabaya.

Menurutnya, saat ini hanya tinggal 4 ruas yang belum selesai Batang-Semarang, Salatiga-Solo, Wilang‎an-Kertosono, Pemalang-Batang.

"‎Dan kita harap nanti antara Merak sampai Banyuwangi kita selesaikan di akhir 2019 sambung antara Merak-Banyuwangi‎," tutur Jokowi.

Kemudian, lanjut Jokowi, ‎Jalan Tol Trans Sumatera juga akan tersambung. Saat ini baru ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 148 kilometer yang telah selasai.

"Saya sudah wanti-wanti agar Bakauheni sampai Palembang selesai April 2019, dipastikan," pungkas Jokowi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS