Sarinah Bakal Bangun Kawasan Bisnis 41 Lantai

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Sarinah Bakal Bangun Kawasan Bisnis 41 Lantai
Direktur Utama Sarinah, GNP Sugiarta Yasa. (Suara.com/Achmad Fauzi)

PT Sarinah (Persero) berencana mengembangkan kawasan Sarinah menjadi kawasan bisnis.

Suara.com - PT Sarinah (Persero) berencana mengembangkan kawasan Sarinah menjadi kawasan bisnis. Rencana tersebut bakal direalisasikan dengan menggandeng PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Direktur Utama Sarinah, GNP Sugiarta Yasa menuturkan, nantinya dalam kawasan tersebut dibangun gedung setinggi 41 lantai yang difungsikan untuk pusat perbelanjaan, kantor dan apartemen.

Pembangunan kawasan bisnis tersebut akan berada di sisi Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

"Yang kita bangun pertama 1,7 hektar dulu kita akan bangun untuk menjadi gedung 41 lantai dengan tiga basement nanti kita membuat kawasan open jadi smart building juga. Jadi ada mallnya ada office juga dan memungkinkan ada hiburannya," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Jumat (8/2/2019).

Sugiarta menuturkan, kebutuhan dana untuk membangun kawasan bisnis tersebut mencapai Rp 1,8 triliun. Adapun untuk sumber pendanaan terbesarnya akan ditempuh dari pinjaman perbankan.

"Jadi 70 persen dari pinjaman. Sisanya dari dana kita," kata dia.

Sugiarta menambahkan, kawasan bisnis tersebut ditargetkan selesai dibangun pada September 2020.

"Insyaallah bulan depan sudah mulai ground breaking. Penyelesaiannya 16 bulan tahap pertama," imbuhnya.

Adapun tujuan dibangunnya kawasan bisnis di Sarinah, untuk mengingatkan kembali masa-masa jaya Sarinah yang saat ini mulai meredup.

"Kita berharap tentunya Sarinah sebagai icon kebanggaan Indonesia kita wujudkan kembali, kalau dulu mungkin masa mba-mba atau mas-mas ini masih kecil datang ke Sarinah ini kebanggaan, nah kami ingin mengulang lagi kebanggaan itu sebagaimana orang datang ke Jakarta harus datang ke Sarinah," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS