facebook

Catat, 10 Hal Sepele Ini Bikin Anda Dipandang Tak Profesional dalam Bekerja

Arsito Hidayatullah
Catat, 10 Hal Sepele Ini Bikin Anda Dipandang Tak Profesional dalam Bekerja
Ilustrasi karyawan dan atasan di kantor, karier karyawan, pekerja kantor. [Shutterstock]

Anda perlu mengenali sekaligus menghindari beberapa kebiasaan yang tanpa disadari membuat Anda terlihat tidak profesional.

Suara.com - Meski mungkin tidak disadari, kerap kali ada hal-hal sepele yang membuat seseorang itu menjadi terlihat tidak profesional saat bekerja. Nah, apakah Anda sendiri merasa sudah cukup profesional di tempat kerja?

Tentu saja, sangat penting bagi Anda pekerja untuk mengenali apa saja yang mungkin sudah menjadi kebiasaan dan tanpa disadari membuat Anda terlihat tidak profesional. Anda pastinya tidak mau mendapat citra buruk di kantor, bukan?

Untuk mengetahuinya, cek hal-hal sepele yang bisa membuat Anda tampak tidak profesional saat bekerja berikut itu, sebagaimana dikutip dari Cermati.com.

1. Julid dengan Penampilan Teman Kerja Lainnya

Baca Juga: Tes Kepribadian : Siluet Perempuan yang Dipilih Ungkap Cara Berpikir Anda

Saat berada di kantor, sebaiknya Anda bisa lebih menjaga ucapan. Jangan sampai Anda memperlihatkan ketidakprofesionalan dengan mengomentari penampilan teman kerja. Meski mereka memiliki penampilan yang menurut Anda aneh, cobalah lebih berpikiran terbuka. Setiap orang memiliki selera masing-masing.

Mereka juga memiliki hak untuk mengatur bagaimana penampilan mereka, selama masih dalam kategori yang sopan. Jadi, jangan biasakan julid dengan penampilan teman kerja, ya?

2. Kepo dengan Masalah Pribadi Teman Kerja dan Bergosip

Meskipun di kantor Anda memiliki rekan yang bisa dianggap sangat dekat, sebaiknya tetaplah menjaga jarak. Jangan sekali-kali menanyakan masalah pribadi teman Anda selama di kantor, karena ini akan mengurangi profesionalisme Anda dalam bekerja.

Sebaiknya tanyalah masalah seputar pekerjaan kantor. Jika memang benar-benar membutuhkan teman bicara, Anda bisa saja bertanya seputar hal umum yang tidak menuju ke permasalahan pribadi.

Baca Juga: Jenis-jenis Tunjangan Karyawan dan Cara Mendapatkannya, Pekerja Wajib Tahu!

Sebab jika terlalu mengarah ke hal pribadi, hal itu bisa membuat teman Anda canggung untuk menceritakannya. Kalau pun rekan kerja Anda ternyata ingin bercerita keluh kesah yang dirasakannya, biar dia yang memulainya terlebih dahulu.

Komentar