alexametrics

Trisakti Gandeng Agripreneur Ganesha Gelar PKM untuk UKM Ubi Cilembu

Iwan Supriyatna
Trisakti Gandeng Agripreneur Ganesha Gelar PKM untuk UKM Ubi Cilembu
PKM untuk Pengusaha UKM Ubi Cilembu.

Trisakti bekerjasama dengan Perkumpulan Agripreneur Ganesha mengadakan PKM untuk UKM Ubi Cilembu.

Suara.com - Laboratorium Perancangan Organisasi dan Bisnis Teknik Industri FTI Universitas Trisakti bekerjasama dengan Perkumpulan Agripreneur Ganesha mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan tajuk Local Brand to Global Brand - Membangun Daya Saing UMKM Menuju Pasar Global (Studi Kasus Ubi Cilembu).

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Laboratorium Perancangan Organisasi dan Bisnis Teknik Industri FTI Universitas Trisakti bekerjasama dengan Perkumpulan Agripreneur Ganesha dilaksanakan secara daring melalui Aplikasi Zoom dengan peserta para pengusaha UKM Ubi Cilembu pada 6 Maret 2021 lalu.

"Target utamanya adalah para pengusaha UKM Ubi Cilembu, tetapi peserta ternyata juga dari usaha lainnya yang sangat tertarik dengan tema pelatihan PKM ini. Adapun peserta pelatihan sebanyak 120 orang peserta ," kata Dr. Tiena G. Amaran sebagai Perancangan Organisasi dan Bisnis Teknik Industri FTI Universitas Trisakti pada pembukaan kegiatan, ditulis Senin (8/3/2021).

PKM bertajuk Local Brand to Global Brand - Membangun Daya Saing UMKM Menuju Pasar Global [Studi Kasus Ubi Cilembu].
PKM bertajuk Local Brand to Global Brand - Membangun Daya Saing UMKM Menuju Pasar Global [Studi Kasus Ubi Cilembu].

Dalam pelatihan ini dijelaskan Value Chain dan Model Bisnis UMKM, Inovasi Teknologi, Marketing dan Sales Berbasis Digital dan Perencanaan Keuangan.

Baca Juga: Dukung Geliat Bisnis UKM, ShopeePay Luncurkan Program Semangat Usaha Lokal

Pembicara pada pelatihan ini adalah Djohar Tjintamani Idris,DESA, CEA,MSc, MBA, ACE; Ir.Wawan Kurniawan,MT,IPM; Prof. Yayan Sanjaya (UPI); Dr. Tita Puspitasari, M.Si (BATAN); Agung Sasongko,ST,MM; Imam Kisowo, ST,MM, Emelia Sari, ST,MT,PhD dan Ir. Didien Suhardini,MSc,PhD.

Sejak awal kegiatan dan pada sesi diskusi turut didampingi oleh Dr. Triwulandari SD,MM, Dr. Dorina H, Dr.Dadang S, Prof.Dr. Dadan UD, Anik Nur H, STP,MSi, Arnolt KP, ST,MM (FEB Univ.Trisakti), Dr.Wegig M (FRSD Univ.Trisakti), Inggitana Widya Kumala Putri (alumni) dan M. Ilham Putra (mahasiswa).

Kegiatan ini juga didukung oleh Imam Kisowo,ST,MM yang telah menjadi host acara dan juga mendesain poster serta background Zoom.

Pada akhir kegiatan PKM dilakukan evaluasi oleh peserta, dimana terungkap antara lain peserta mengapresiasi dan menghendaki keberlanjutannya kegiatan PKM.

“Atas nama Pengurus Perkumpulan Agripreneur Ganesha (alumni dan mahasiswa ITB yang peduli kepada Agriculture dan Entrepreneurship) mengucapkan banyak terima kasih atas sedekah ilmu dan pengalaman dari rekan-rekan Teknik Industri Universitas Trisakti baik sebagai narasumber maupun peserta pada sharing session yang insyaa Allaah rutin kami lakukan setiap Sabtu jam 09-11. Semoga in syaa Allah menjadi amal jariyah rekan-rekan semuanya. Dan Silaturahmi, Kerjasama, Sinergi ini dapat terus ditumbuhkembangkan,” tutur Agung Hartanto TI80 ITB, Pendiri dan Pengurus Perkumpulan Agripreneur Ganesha.

Baca Juga: Meikarta Fasilitasi Kawasan Pertokoan Strategis Buat UKM

Komentar