alexametrics

Warren Buffet Ungkap Syarat Utama Kerja Bareng Dia, Ternyata Cukup Mudah

M Nurhadi
Warren Buffet Ungkap Syarat Utama Kerja Bareng Dia, Ternyata Cukup Mudah
Warren Buffet. (Forbes.com)

"Kami mencari tiga hal ketika kami mempekerjakan orang. Kami mencari kecerdasan, kami mencari inisiatif atau energi, dan kami mencari integritas," tegas Buffett.

Suara.com - Investor yang juga salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffett memang sangat handal bila ditanyai masalah investasi.

Meski dikenal sebagai salah satu investor sukses, namun itu semua tidak bisa ia dapatkan tanpa kehebatannya dalam memiliki sumber daya manusia alias karyawan.

"Saya benar-benar hanya memiliki dua pekerjaan. Yang pertama adalah menarik dan mempertahankan manajer yang luar biasa untuk menjalankan berbagai operasi kami," kata Buffet dalam sebuah wawancara.

Melansir dari Warta Ekonomim, Buffet secara jelas menyebut mempertahankan manajer yang luar biasa itu dimulai dengan satu prasyarat.

Baca Juga: Tuntut Perubahan, Karyawan Apple Keluarkan Surat Terbuka

"Kami mencari tiga hal ketika kami mempekerjakan orang. Kami mencari kecerdasan, kami mencari inisiatif atau energi, dan kami mencari integritas," tegas Buffett.

Sehingga, tanpa memiliki integritas, maka dua hal sebelumnya akan sia-sia. Seseorang tanpa integritas adalah orang yang malas dan bodoh. Mempekerjakan seseorang tanpa integritas juga merupakan risiko bisnis yang besar.

Seorang psikolog senior Henry Cloud menulis dalam bukunga tentang hal ini. Buku dengan judul Integritas: Keberanian untuk Memenuhi Tuntutan Realitas, ia menjelaskan, pada akhirnya integritas akan menentukan apakah otak, bakat, kompetensi, energi, usaha, kemampuan membuat kesepakatan, dan peluang dapat membuahkan hasil.

Saat belajar dan beradaptasi dengan semua aspek integritas, pada akhirnya seseorang akan sampai pada titik lebih mudah untuk mengembangkan kepercayaan, memperbaiki hubungan setelah konflik, mendengarkan dengan empati, atau memberikan feedback kritis untuk membangun seseorang.

Handal dalam berkomunikasi dengan orang lain dan kemampuan untuk berorientasi pada kebenaran adalah dua bagian yang tidak dapat ditawar dari seseorang yang berintegritas.

Baca Juga: Doa Banyak Rezeki di Usia Senja

Dapat disimpulkan, integritas adalah seseorang yang akan memanfaatkan kedua kemampuan untuk beroperasi dari kejujuran, menerima perubahan, menolak kesalahan, dan mendapatkan hasil nyata untuk tujuan yang bermakna.

Komentar