facebook

Rincian Gaji Cristiano Ronaldo di Manchester United, Ternyata Jauh Lebih Sedikit dari Juventus

M Nurhadi
Rincian Gaji Cristiano Ronaldo di Manchester United, Ternyata Jauh Lebih Sedikit dari Juventus
Cristiano Ronaldo

Gaji Cristiano Ronaldo tak hanya bersumber dari sepak bola tetapi juga bisnis yang dia jalankan

Suara.com - Pemain sepak bola paling sukses di dunia salah satunya layak disematkan kepada Cristiano Ronaldo. Kapten tim nasional Portugal ini kini bermain untuk tim yang pernah membesarkan namanya yakni Manchester United setelah sebelumnya bermain untuk klub Italia Juventus. Gaji Ronaldo juga dikabarkan menyentuh ratusan miliar setiap tahun. 

Dilansir dari berbagai sumber, gaji Ronaldo di MU adalah 25 juta poundsterling atau sekitar Rp492,6 miliar per tahun. Mengacu pada gaji tersebut, pemain terbaik dunia lima kali itu bisa mendapatkan sekitar Rp41 miliar per bulan dari The Red Devils, sebutan bagi Manchester United. 

Sementara itu, di klub sebelumnya, Juventus, Ronaldo diperkirakan digaji 31 juta euro atau setara Rp539 miliar per tahun. Gajinya adalah yang paling tinggi di Liga Italia. Dengan pendapatan itu, Cristiano Ronaldo diperkirakan memiliki kekayaan 500 juta dolar Amerika atau sekitar Rp7,1 triliun. 

Gaji Cristiano Ronaldo saat ini masih kalah dengan saingannya Lionel Messi. Dulu keduanya sama-sama merumput di klub terkuat di Spanyol. Saat Messi masih bergabung dengan Barcelona, Ronaldo adalah punggawa Real Madrid.

Baca Juga: Ada Alexandre Pato, Berikut 5 Pesepak Bola Terkaya per 2022

Meski keduanya bersaing ketat di lapangan, Messi tetap unggul dalam soal gaji. Saat ini pemain asal Argentina tersebut memperoleh memperoleh gaji 35 juta euro atau sekitar Rp590 miliar saat memeras keringatnya di lapangan saban tahun. Dia kini bermain untuk Paris Saint-Germain. 

Kendati demikian, Cristiano Ronaldo dikenal sebagai bintang paling sukses bak selebritas di luar lapangan hijau. Dia memiliki kontrak dengan sejumlah brand olahraga.

Ronaldo adalah atlet yang menandatangani kontrak seumur hidup dengan produsen perlengkapan olahraga Nike. Kontrak itu kabarnya bernilai satu miliar dolar atau Rp14,3 triliun. Dua atlet lain yang juga menandatangani kontrak seumur hidup adalah pebasket Michael Jordan dan LeBron James.

Selain Nike, Ronaldo juga terikat kontrak sebagai bintang iklan untuk berbagai produk olahraga seperti Tag Heuer, Clear Haircare, Altice, DAZN, Herbalife, MTG, Egyptian Steel, dan banyak lagi.

Di luar brand tersebut, CR 7 juga membuat brand untuk produk fashion sesuai namanya. Dia juga memiliki aset berupa hotel-hotel berbintang di bawah naungan perusahaan Pestano Lifestyle Hotels.

Baca Juga: Daftar 10 Pesepak Bola yang Punya Trik Andalan

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar