alexametrics

Stadionnya Dipugar, Atalanta Pinjam San Siro untuk Kandang Liga Champions

Rauhanda Riyantama
Stadionnya Dipugar, Atalanta Pinjam San Siro untuk Kandang Liga Champions
Pemain Atalanta rayakan gol ke gawang Juventus di perempat final Coppa Italia yang berlangsung di Bergamo, Kamis (31/1/2019). [AFP]

Markas Atalanta, Stadion Atleti Azzurri dItalia saat ini sedang dalam tahap renovasi untuk memenuhi standar UEFA.

Suara.com - Atalanta sukses menorehkan sejarah usai memastikan diri tampil di Liga Champions musim 2019/2020. Pasalnya, ini merupakan kali pertama La Dea berkompetisi di ajang terelite di Eropa itu sejak 111 tahun klub berdiri.

Namun, Atalanta terancam tak bisa memakai markas kebanggaannya, yakni Stadion Atleti Azzurri d’Italia. Sebab, stadion yang terletak di Bergamo tersebut saat ini sedang dalam tahap renovasi untuk memenuhi standar UEFA.

Sebagai gantinya, manajemen Atalanta berencana meminjam San Siro sebagai kandang selama kompetisi Liga Champions bergulir. Proposal pun dikabarkan sudah diberikan kepada pengelola stadion.

Kendati demikian, menurut laporan Football Italia, Atalanta lebih dulu menjalin kontak dengan Sassuolo untuk memakai Stadion Mapei di Reggio-Emilia. Atalanta sendiri pernah memakai stadion itu untuk menggelar kompetisi Liga Europa.

Baca Juga: Fenomena Atalanta: Bujet Minim, Prestasi Maksimal

Namun, klub yang berdiri pada 8 Oktober 1907 itu buru-buru mengubah keputusan. Akhirnya pilihan jatuh kepada San Siro dengan pertimbangan letaknya yang lebih dekat dengan Bergamo ketimbang harus ke Reggio-Emilia.

Selain alasan jarak, San Siro juga lebih berpengalaman menggelar pertandingan Liga Champions. Mengingat, dua klub yang memakai stadion tersebut, yakni AC Milan dan Inter Milan menjadi langganan tampil di Liga Champions dalam beberapa dekade terakhir.

Alasan lainnya adalah San Siro hanya akan dipakai oleh Inter Milan untuk pertandingan tengah pekan di Liga Champions. Sedangkan AC Milan dipastikan tak akan tampil di kompetisi Eropa musim depan setelah tersandung masalah Financial Fair Play (FFP).

Akan tetapi, niat Atalanta memakai San Siro untuk Liga Champions musim depan mendapat tentangan dari fans AC MIlan. Mereka mendesak agar pihak pengelola menolak usulan tersebut.

Baca Juga: Gasperini: Atalanta Bukan Tim Gurem di Liga Champions Musim Depan!

Komentar