Latih Timnas Belanda, Frank De Boer Dapat Dukungan dari Van Marwijk

Reky Kalumata
Latih Timnas Belanda, Frank De Boer Dapat Dukungan dari Van Marwijk
Reaksi Frank De Boer saat masih melatih Inter Milan ketika skuatnya menghadapi AS Roma. TIZIANA FABI / AFP

De Boer ditunjuk sebagai pelatih baru Belanda untuk menggantikan Ronald Koeman

Suara.com - Pelatih baru timnas Belanda Frank de Boer mendapatkan dukungan dari salah seorang pendahulunya, Bert van Marwijk, yang dia asisteni ketika Belanda mencapai final Piala Dunia 10 tahun silam.

De Boer ditunjuk sebagai pelatih baru Belanda kemarin Rabu untuk menggantikan Ronald Koeman dan akan memimpin skuatnya agar lolos ke Piala Dunia di Qatar.

Selain memiliki 112 cap sebagai pemain timnas, De Boer menjadi asisten Van Marwijk ketika Belanda mencapai final Piala Dunia di Johannesburg yang saat itu kalah dalam perpanjangan waktu melawan Spanyol.

Pelatih Timnas Australia, Bert van Marwijk (Fabrice COFFRINI / AFP)
Pelatih Timnas Australia, Bert van Marwijk (Fabrice COFFRINI / AFP)

"Jika KNVB (federasi sepakbola Belanda) menginginkan pelatih timnas yang muda dan juga untuk jangka panjang, saya kira mereka telah mengambil pilihan bagus dengan Frank," kata Van Marwijk kepada majalah Voetbal International seperti dikutip Antara dari Reuters.

Baca Juga: KNVB Tunjuk Frank de Boer Sebagai Pengganti Ronald Koeman

"Franks memiliki ikatan dengan kelompok pemain ini tetapi bisa juga menjauhkan diri dari mereka jika diharuskan. Dia juga melakukan hal itu sewaktu menjadi asisten."

Pencalonan De Boer dipertanyakan beberapa pengamat beberapa hari belakangan terutama karena kegagalannya saat melatih Inter Milan dan Crystal Palace.

Dia dipecat oleh Inter Milan setelah hanya 85 hari bekerja pada 2016 dan tahun berikutnya cuma bisa bertahan 10 pekan di Crystal Palace.

Tugas terakhirnya di Atlanta United di Major League Soccer dia sukses mengantarkan klub ini menjuarai turnamen piala namun hengkang Juli lalu setelah 18 bulan melatih.

Namun begitu pengalamannya di Ajax di mana menjuarai liga empat kali berturut-turut antara 2011 dan 2014 tak bisa diabaikan, kata Van Marwijk.

Baca Juga: Belanda Ditumbangkan Italia, Lodeweges Ragu Dipercaya Gantikan Koeman

"Saya tak tahu mengapa segalanya jadi jelek di luar negeri," kata dia. "Tapi saya tahu pasti dia berkinerja luar biasa bersama pemain-pemain Belanda dengan menjadi juara bersama Ajax empat kali berturut-turut di bawah keadaan yang sulit."

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS