alexametrics

Digenjot Latihan Fisik Selama TC, Sejumlah Pemain Timnas Indonesia Cedera

Rauhanda Riyantama
Digenjot Latihan Fisik Selama TC, Sejumlah Pemain Timnas Indonesia Cedera
Skuat Timnas Indonesia U-23 sedang berlatih dalam TC yang berlangsung di Stadion Madya, Jakarta (dok. PSSI)

Beberapa pemain dilaporkan mengalami cedera karena intensitas latihan tinggi.

Suara.com - Sejumlah pemain Timnas Indonesia dilaporkan mengalami cedera selama mengikuti pemusatan latihan untuk persiapan SEA Games 2021. Cedera tersebut terjadi akibat digenjot latihan fisik dengan porsi dua sampai tiga kali sesi latihan per hari.

Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh pelatih Shin Tae-yong dalam keterangan resminya. Namun ia memastikan cedera yang dialami anak asuhnya tidak parah.

"Kondisi fisik yang menurun membuat sejumlah pemain cedera, tetapi tidak berat," ujar ujar Shin Tse-yong, dikutip dari laman resmi PSSI.

Meski demikian, baik Shin Tae-yong maupun PSSI tidak menyebutkan siapa saja pemain yang menderita cedera tersebut. Yang jelas, ia mematikan semua atau ke-36 pemain di timnya sudah menunjukkan performa yang baik selama TC.

Baca Juga: Striker Arema Kushedya Yudo Siap Kerja Keras Demi Bela Timnas di SEA Games

Berlatih sejak 9 Februari 2021, kondisi fisik Rachmat Irianto cs dianggap semakin meningkat dari hari ke hari. Ia memang fokus meningkatkan kondisi fisik anak-anak asuhnya yang jeblok lantaran mereka tidak berkompetisi sejak Maret 2020 karena pandemi COVID-19.

"Dalam TC yang sudah berjalan selama dua pekan ini, pemain mengalami perkembangan yang positif, fisik juga meningkat," tutur Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong masih akan memberikan latihan dengan intensitas tinggi di pekan ketiga. Selain itu ada menut latihan untuk penguatan secara individu.

"Untuk pekan ini, kami akan memberi menu latihan dengan intensitas yang tinggi. Selain itu, ada latihan penguatan pada tiap individu pemain," ungkap Shin Tae-yong.

SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada November-Desember di Vietnam. PSSI menargetkan medali emas dari ajang ini demi mengulangi prestasi serupa yang terakhir kali diraih pada tahun 1991.

Baca Juga: Masuk Pekan Ketiga, Timnas U-23 Jalani Latihan Intensitas Tinggi

Komentar