alexametrics

Relatif Kurang Terkenal, Ini 5 Nama yang Dipanggil STY Ikut TC Timnas Indonesia

Rully Fauzi
Relatif Kurang Terkenal, Ini 5 Nama yang Dipanggil STY Ikut TC Timnas Indonesia
Penyerang muda Persija Jakarta, Taufik Hidayat. (dok. Persija Jakarta)

Timnas Senior Indonesia melakoni TC jelang laga play-off kualifikasi Piala Asia.

Suara.com - 36 pemain Timnas Indonesia siap menjalani training camp (TC) alias pemusatan latihan mulai Senin (20/9/2021) di Jakarta, sebagai persiapan menuju pertandingan play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan bulan depan.

Pelatih Timnas Senior Indonesia, Shin Tae-yong (STY) memanggil banyak pemain muda berusia di bawah 23 tahun untuk TC ini  seperti Muhamad Riyandi, Genta Alparedo, Ramai Rumakiek, Rizky Ridho, Feby Eka, Braif Fatari dan Pratama Arhan.

Mereka akan didampingi beberapa pemain senior macam Adam Alis, Evan Dimas, Victor Igbonefo, Hendro Siswanto dan Fachruddin Aryanto.

Well, dari deretan nama yang dipilih oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut, muncul sejumlah wajah baru di TC kali ini.

Baca Juga: Lawan Chelsea, Hojbjerg Tegaskan Tottenham Tak Gentar

Deretan pemain baru ini sebelumnya belum pernah mendapat panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Namun demikian, Shin Tae-yong sepertinya tertarik melihat kiprah mereka bersama klubnya masing-masing pada awal kompetisi Liga 1 2021-2022.

Hari Pertama TC Timnas U-18, Shin Tae-yong Tes Fisik Pemain di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (30/8/2021). [Dok. PSSI]
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. [Dok. PSSI]

Berikut ini pemain-pemain yang relatif 'kurang terkenal' yang dipanggil untuk mengikuti TC Timnas Indonesia terbaru:

1. Taufik Hidayat (Persija Jakarta)

Penyerang Persija Jakarta, Taufik Hidayat, menjadi salah satu nama yang mencuat dalam pemanggilan timnas Indonesia kali ini.

Baca Juga: Tottenham vs Chelsea: Thomas Tuchel Pastikan N'Golo Kante Main

Bagi pemain berusia 21 tahun itu, ini menjadi pemanggilan pertama kali sepanjang kariernya di sepakbola Indonesia.

Sebetulnya, Taufik memang menjadi salah satu pemain yang tengah moncer bersama skuad Macan Kemayoran saat ini.

Namanya melambung sejak tampil impresif bersama Persija, utamanya ketika mencetak gol ke gawang Persib Bandung pada partai puncak Piala Menpora 2021 beberapa waktu lalu.

2. Dany Saputra (Persik Kediri)

Dany Saputra menjadi salah satu pemain berusia senior yang mendapat panggilan Shin Tae-yong untuk mengikuti TC Timnas Indonesia.

Bek kiri Persik Kediri yang telah berusia 30 tahun itu sebelumnya belum pernah sekalipun dipanggil timnas Indonesia.

Dia menjadi salah satu wajah baru yang ingin dilihat kemampuannya secara lebih detail oleh Shin Tae-yong pada pemusatan latihan nanti.

3. Syahrul Trisna Fadillah (Tira Persikabo)

Penjaga gawang Tira Persikabo, Syahrul Trisna Fadillah, juga menjadi salah satu nama kejutan dalam daftar 36 pemain ini.

Kiper berusia 25 tahun itu sebelumnya sama sekali belum pernah dipanggil Timnas Indonesia. Tentu pemanggilan kali ini menjadi debutnya bersama skuad Garuda.

Kemungkinan besar, Shin Tae-yong tertarik memanggil Syahrul karena aksinya pada laga uji coba antara Tira Persikabo melawan Timnas Indonesia pada Maret 2021 lalu.

Saat ini, Syahrul juga menjadi pilihan utama pelatih Tira Persikabo, Igor Kruishenko, pada kompetisi Liga 1 2021-2022.

4. Ramai Rumakiek (Persipura Jayapura)

Meski umurnya belum genap 19 tahun, tetapi Ramai Rumakiek langsung menjadi sorotan publik saat tampil bersama Persipura Jayapura di pentas Liga 1 2021-2022.

Wonderkid asal Papua ini sukses mencetak gol perdana Persipura ke gawang Persita Tangerang di musim anyar Liga 1.

Barangkali, itu sebabnya Shin Tae-yong terpikat dengan performa pemain sayap Persipura Jayapura ini dan memanggilnya ke TC Timnas Indonesia.

5. Ricky Kambuaya (Persebaya Surabaya)

Munculnya nama Ricky Kambuaya dalam daftar 36 nama pemain yang dipanggil Shin Tae-yong sebetulnya meninggalkan tanda tanya besar.

Sebab, Persebaya Surabaya menjadi salah satu tim yang tampil angin-anginan pada tiga laga awal Liga 1 2021-2022.

Dari seluruh laga itu, Persebaya sempat menelan dua kekalahan dengan skor 1-3, yakni saat menghadapi Borneo FC dan PSM Makassar.

Sementara itu, satu-satunya kemenangan tim Bajul Ijo diraih ketika berjumpa TIra Persikabo. Mereka sukses amankan tiga poin usai menang 3-1.

[Muh Adif Setiawan]

Komentar