Pelatih Fernando Santos Bongkar Alasan Ronaldo Jadi Cadangan, Jawabannya Diplomatis Banget

Pebriansyah Ariefana
Pelatih Fernando Santos Bongkar Alasan Ronaldo Jadi Cadangan, Jawabannya Diplomatis Banget
Ekspresi kapten Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo pada laga Piala Dunia 2022 kontra Ghana di Qatar, Jumat (25/11/2022) dini hari WIB. [PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP]

Menurut Fernando Santos, seorang pemain duduk di bangku cadangan adalah hal biasa. Sebab sepak bola permainan tim.

Suara.com - Pelatih Portugal Fernando Santos ungkap alasan Cristiano Ronaldo jadi pemain cadangan saat melawan Swiss di laha 16 besar Piala Dunia 2022. "Berkah" Ronaldo cadangan, Portugal bisa menang besar 6-1. Namun apa sebenarnya alasan Ronaldo dipantek di bangku cadangan?

Fernando Santos menjawab dengan diplomatis. Menurutnya semua ini berlatar belakang strategi saja.

Menurut Fernando Santos, seorang pemain duduk di bangku cadangan adalah hal biasa. Sebab sepak bola permainan tim.

Bahkan tak hanya Ronaldo yang dicadangkan dalam Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Intip Sex in Drive yang Jadi Ciri Prostitusi di Swiss, Konsepnya bak Pesan Makan di Drive Thru

"Andre [Silva] adalah pemain hebat yang bermain lebih maju, Cristiano lebih stabil, dia bertahan di area yang lebih ditentukan di depan kotak penalti. Goncalo memiliki karakteristik yang berbeda. Dia sangat dinamis dan observasi yang saya lakukan dan itulah yang dia lakukan." akhirnya menunjukkan kepada kita," kata Fernando Santos dikutip dari ESPN.

“Ini bukan hal baru, dia sudah masuk dalam dua pertandingan, tapi saya akan mengatakan karena Andre juga bermain di pertandingan sebelumnya, saya memiliki tiga pemain yang saya percayai sepenuhnya. Untuk setiap pertandingan saya akan menggunakan pemain mana yang saya lihat untuk strategi saya. Semua para pemain di bangku cadangan dapat digunakan [melawan Maroko [bahkan] jika mereka tidak berada di starting XI."

Portugal melaju mulus ke perempat final Piala Dunia 2022 setelah menggasak Swiss 6-1 dalam pertandingan babak 16 besar di Lusail Stadium, Lusail, Rabu dini hari WIB.

Goncalo Ramos memborong tiga gol dalam pertandingan ini, dengan tiga lainnya masing-masing dicetak oleh Pepe, Raphael Guerreiro dan Rafael Leao. Sementara itu gol hiburan Swiss dicetak oleh Manuel Akanji di babak kedua.

Kemenangan ini melengkapi 8 tim yang lolos ke perempat final. Portugal akan menghadapi Maroko di perempat final Piala Dunia yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu malam WIB (10/12).

Baca Juga: 'Jeratan' PSG Halangi Lionel Messi Supaya Tidak Kembali Pulang ke Barcelona

Pelatih Portugal, Fernando Santos memutuskan tidak menurunkan kapten timnas sekaligus megabintang Cristiano Ronaldo dan memainkan penyerang muda 21 tahun, Goncalo Ramos. Ban kapten dipakai oleh bek veteran Pepe.