Karena Ini Yura Yunita Membuat Video Klip Menggunakan Bahasa Isyarat

Ismail | Yuliani
Karena Ini Yura Yunita Membuat Video Klip Menggunakan Bahasa Isyarat
Yura Yunita [Suara.com/Yuli]

Yura Yunita meluncurkan video klip Merakit menggunakan bahasa isyarat.

Suara.com - Belum lama ini, penyanyi Yura Yunita meluncurkan video musik 'Merakit' dalam bahasa isyarat. Dalam videonya, ia berkolaborasi dengan praktisi bahasa isyarat, Bunda Galuh.

Bukan tanpa alasan Yura membuat versi video klip yang merangkul teman-teman disabilitas. Menurutnya, musik adalah bahasa universal, sehingga seharusnya siapapun bisa menikmati musik.

"Karena musik seharusnya bahasa yang universal ya, jadi aku rasa musik dan hadirnya aku di sini dengan lagu ini (Merakit) kayak jalan dari Tuhan aja sih untuk mereka (teman-teman disabilitas) bisa mengekspresikan apa yang mereka miliki," ujar Yura Yunita, saat jumpa pers 'Merakit Ruang Kolaborasi', di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Senin (2/12/2019).

Perempuan asal Bandung itu juga menjelaskan proses pembuatan lirik bahasa isyarat tersebut. Yura Yunita mengaku belajar bahasa isyarat dari Bunda Galuh.

"Kalau untuk latihannya latihannya dua minggu, 2 hari 24 jam bareng bunda," kata Yura.

Yura Yunita [Suara.com/Yuli]
Yura Yunita [Suara.com/Yuli]

Ide untuk membuat video musik bahasa isyarat itu sendiri berawal pada tahun 2018. Saat itu, Yura merasa berada di titik terendah dalam hidupnya. Kemudian, bertemu dengan beberapa teman disabilitas di Bandung yang membuatnya bangkit dari keterpurukan.

"Tahun lalu aku pernah ada di titik terburuk dan ternyata bisa bangkitnya itu kayak Tuhan selalu punya cara sederhana untuk mengingatkan umatnya. Saat kita membuka hati, membuka diri bahwa banyak sekali hal sederhana yang bisa membuat kita bangkit lagi dan salah satunya tahun kemarin aku bertemu dengan Delia dan temen-temen tuli lain," jelas Yura.

Lewat lagu "Merakit", Yura memberikan makna tentang keterbatasan tidak akan menghalangi untuk terus meraih mimpi. Ia pun terharu karena lagu Merakit versi baru ini mendapat apresiasi positif.

"Teman tuli merinding dengan ini dan aku kayak merasa, oh..pesan ini sampai. Jadi banyak apresiasi yang disematkan Bunda untuk berhasil memeperlihatkan lirik lagu ini," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS