alexametrics

Tak Punya Duit untuk Rekaman, Andika Kangen Band Jualan Es Cendol

Yazir Farouk | Muhammad Anzar Anas
Tak Punya Duit untuk Rekaman, Andika Kangen Band Jualan Es Cendol
Penyanyi Andika Mahesa saat ditemui awak media di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (1/12). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Ternyata benar ya, kalau kita main sama yang dompleng yang lebih besar, ternyata lagu kita didengerin juga," kata Andika Kangen Band.

Suara.com - Bukan hal mudah bagi para personel grup musik Kangen Band saat memulai karier di panggung hiburan Tanah Air. Untuk rekaman demo lagu saja, mereka kesulitan karena kekurangan dana.

Sang vokalis, Andika Mahesa, rela bekerja apa saja agar bisa mengantongi duit. Dari mulai kuli bangunan hingga berjualan es cendol dia lakoni.

Kangen Band Reunion [Instagram/@kangenbandreunion]
Kangen Band Reunion [Instagram/@kangenbandreunion]

"Akhirnya dari situ gue rekaman sama Dodhy (gitaris Kangen Band), kumpulin uang. Gue (kerja) di bangunan ( jadi kuli), dipecat karena nggak bisa bangun pagi," ujar Andika Mahesa di kanal YouTube Prost Club TV, Jumat (26/11/2021).

"Akhirnya gue dagang es, agak mendingan. Dagang es cendol dawet bisa jam 10 gue bangun, masih agak santai," ujarnya lagi.

Baca Juga: Sebelum Gabung, Tugas Andika Jaga Sandal Personel Kangen Band di Depan Studio

Hal serupa juga dilakukan para personel yang lain. Tapi Andika tak menyebut secara detail.

Kangen Band [Instagram/kangenbandreal]
Kangen Band [Instagram/kangenbandreal]

Yang jelas, lanjut Andika, mereka punya tujuan sama, yakni memiliki karya sendiri.

"Patungan dengan teman-teman," kata Andika.

Selesai rekaman, mereka masih punya pekerjaan rumah. Andika dan kawan-kawan berpikir bagaimana caranya agar lagu mereka sampai ke masyarakat.

Akhirnya, mereka membuat CD bajakan dengan daftar lagu band papan atas seperti Peterpan (sekarang bernama NOAH), dan Ungu. Di situ, mereka menyisipkan lagu Kangen Band.

Baca Juga: Tambah Cantik! Intip 7 Potret Ade Bunga Niari Istri Pertama Andika Kangen Band

"Hasil rekaman itu gua bawa ke rumah, gue burning, terus gue jual sendiri ke angkot-angkot," ujar Andika.

"Jadi gue campur-campur, kayak lagunya Peterpan, Ungu, gue campur-campur, termasuk lagu gue, gua selipin," katanya lagi.

Usaha mereka berhasil. Lagu Kangen benar-benar meledak.

"Ternyata lagu gue naik juga cuy. Ternyata benar ya, kalau kita main sama yang dompleng yang lebih besar, ternyata lagu kita didengerin juga," kata Andika Mahesa.

Komentar