Meskipun Bermanfaat, Pantau Takaran Lemak Baik pada Anak

Dythia Novianty, Risna Halidi

Senin, 10 April 2017 | 07:28 WIB
Meskipun Bermanfaat, Pantau Takaran Lemak Baik pada Anak
Ilustrasi makanan mengandung omega3. [Shutterstock]

Suara.com - Sebuah penelitian baru menunjukkan, jika mengonsumsi lemak baik seperti omega3 dapat berperan sebagai penambah berat badan pada anak.

Asam lemak omega-3 sendiri dapat ditemukan secara alami dalam makanan seperti salmon, kenari dan kacang kedelai dan telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kolesterol baik atau HDL pada anak-anak berusia delapan sampai 15 tahun.

Pemimpin dalam penelitian ini, Lisa Christian dari Associate Professor di Ohio State University di Amerika Serikat mengatakan, orangtua juga harus lebih sadar jika anak mengonsumsi lemak omega3 akan menambah berat badan mereka dan orangtua perlu membuat sebuah perbedaan.

Studi yang muncul dalam jurnal PLoS ONE tersebut, peneliti membandingkan jumlah serapan asam lemak setelah anak-anak mengambil suplemen baik pada berat badan juga massa tubuh secara keseluruhan atau Body Mass Index (BMI).

Temuan menunjukkan bahwa anak yang memiliki timbangan tinggi serta kategori BMI yang juga tinggi, memiliki tingkat asam lemak Omega-3 seperti EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) yang rendah dalam aliran darah mereka.

"Berat, bukan usia, mungkin lebih berarti ketika menentukan dosis yang direkomendasikan. Perbedaan dalam ukuran antara berusia 7 tahun dan berusia 10 tahun bisa sangat signifikan," kata Christian.

Studi ini menyoroti perlunya orangtua memastikan anak-anak mendapatkan jumlah yang tepat dari asam lemak omega-3 dan juga menyoroti kebutuhan untuk dosis berat yang sesuai suplemen dan obat-obatan.

"Meskipun studi ini hanya melihat suplemen asam lemak, ini penting untuk menyadari bahwa perbedaan berat badan bisa mempengaruhi faktor bagaimana anak-anak dan orang dewasa menanggapi berbagai jenis obat-obatan," kata Christian. [Zeenews]

baca juga
Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Kaya Omega 3, Ini Keunggulan Minyak Krill Dibanding Minyak Ikan

Kaya Omega 3, Ini Keunggulan Minyak Krill Dibanding Minyak Ikan

Lifestyle | Kamis, 02 Maret 2017 | 19:07 WIB

Bakar Lemak Efektif dengan Puasa 18 Jam Sehari

Bakar Lemak Efektif dengan Puasa 18 Jam Sehari

Entertainment | Selasa, 14 Februari 2017 | 10:02 WIB

Bolehkah Bayi Usia 6 Bulan Diberi Kaldu Ayam?

Bolehkah Bayi Usia 6 Bulan Diberi Kaldu Ayam?

Health | Senin, 16 Januari 2017 | 12:12 WIB

Ini Mengapa Anda Harus Mengurangi Gorengan

Ini Mengapa Anda Harus Mengurangi Gorengan

Health | Senin, 16 Januari 2017 | 13:05 WIB

Bolehkah Bayi 8 Bulan Diberi Air Minum?

Bolehkah Bayi 8 Bulan Diberi Air Minum?

Health | Jum'at, 06 Januari 2017 | 18:21 WIB

Terkini

Bank Sumsel Babel Tebar Promo HUT RI, Jajan Cukup Bayar Rp1.945 dengan QRIS BSB Mobile

Bank Sumsel Babel Tebar Promo HUT RI, Jajan Cukup Bayar Rp1.945 dengan QRIS BSB Mobile

Sumsel | Kamis, 13 Agustus 2026 | 00:06 WIB

Cashback Jadi Andalan Luna Maya Saat Belanja, Sudah Kumpulkan Hingga Rp 1,6 Juta

Cashback Jadi Andalan Luna Maya Saat Belanja, Sudah Kumpulkan Hingga Rp 1,6 Juta

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 00:02 WIB

Bank Sumsel Babel Perluas Layanan, 624 Prajurit Yonif TP 893 Kini Punya Akses Perbankan

Bank Sumsel Babel Perluas Layanan, 624 Prajurit Yonif TP 893 Kini Punya Akses Perbankan

Sumsel | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:57 WIB

Dari Sekolah hingga UMKM, Internet Mengubah Kehidupan Warga di Daerah 3T

Dari Sekolah hingga UMKM, Internet Mengubah Kehidupan Warga di Daerah 3T

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:50 WIB

Karhutla Sumsel Makin Sulit Dikendalikan, Hujan Buatan Terkendala Awan

Karhutla Sumsel Makin Sulit Dikendalikan, Hujan Buatan Terkendala Awan

Sumsel | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:46 WIB

Karhutla Sumsel Makin Sulit Dipadamkan, Sumber Air Mulai Jadi Masalah

Karhutla Sumsel Makin Sulit Dipadamkan, Sumber Air Mulai Jadi Masalah

Sumsel | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:38 WIB

Viral Tukang Cukur di Rancabungur Dimarahi Karena Belum Pasang Bendera, Ini Kata Camat

Viral Tukang Cukur di Rancabungur Dimarahi Karena Belum Pasang Bendera, Ini Kata Camat

Bogor | Rabu, 12 Agustus 2026 | 23:32 WIB

Bintang-bintang Legendaris Liga Inggris akan Saling Berhadapan di GBK, Catat Waktunya

Bintang-bintang Legendaris Liga Inggris akan Saling Berhadapan di GBK, Catat Waktunya

Bola | Rabu, 12 Agustus 2026 | 22:45 WIB

Yenti Garnasih Bongkar Indikasi TPPU Febrie dan Luruskan Istilah Kriminalisasi

Yenti Garnasih Bongkar Indikasi TPPU Febrie dan Luruskan Istilah Kriminalisasi

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 22:39 WIB

Polisi Temukan Bukti Permulaan, Kasus Kematian Sutrimo Naik ke Tahap Penyidikan Pidana

Polisi Temukan Bukti Permulaan, Kasus Kematian Sutrimo Naik ke Tahap Penyidikan Pidana

News | Rabu, 12 Agustus 2026 | 22:35 WIB

×