Terapi Hormon Bagi Menopause Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak

Ferry Noviandi | Firsta Nodia
Terapi Hormon Bagi Menopause Bisa Tingkatkan Kemampuan Otak

Manfaat itu adalah meningkatnya memori dan kemampuan berpikir pada penerima terapi hormon.

Suara.com - Terapi hormon yang biasa digunakan untuk meredakan gejala tak menyenangkan dari menopause seperti serangan rasa panas, kelelahan, dan insomnia, ternyata juga dapat memberikan manfaat lain lho.

Manfaat itu adalah meningkatnya memori dan kemampuan berpikir pada penerima terapi hormon.

Terapi hormon sendiri biasanya mengacu pada pemberian hormon estrogen atau kombinasi antara hormon estrogen dan hormon progesteron.

Pada penelitian yang dilakukan Mayo Clinic di Minnesota, perempuan yang menerima estradiol (hormon estrogen steroid) mampu mempertahankan volume otak bagian dorsolateral prefrontal cortex.

Itu adalah area otak yang membantu mempertahankan memori, berpikir, melakukan perencanaan serta penalaran.

Perempuan yang mampu mempertahankan volume area otak dorsolateral prefrontal cortex juga cenderung memiliki plak amiloid yang lebih rendah. Keberadaan amiloid, kata peneliti, memiliki kaitan erta dengan masalah kehilangan memori dan penyakit Alzheimer.

"Kami menemukan bahwa terapi hormon menopause yang diambil segera setelah menopause dapat mempertahankan struktur bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori dan kemampuan berpikir," kata Kejal Kantarci dari Mayo Clinic.

Untuk penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology, tim peneliti melibatkan hampir 100 perempuan sehat dengan usia rata-rata 53 tahun.

Mereka semua setidaknya telah melewati masa menopause dan mengambil terapi estrogen dalam bentuk pil atau patch.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan alasan biologis di balik perubahan otak selama terapi hormon menopause," kata Kantarci.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS