Virus Tuberkulosis Ancam Ribuan Jiwa Setiap Hari

Rully Fauzi | Risna Halidi
Virus Tuberkulosis Ancam Ribuan Jiwa Setiap Hari
Ilustrasi tuberkulosis. (Shutterstock)

Akhir Maret selalu diperingati sebagai Hari Tuberkulosis Sedunia.

Suara.com - Akhir Maret selalu diperingati sebagai Hari Tuberkulosis Sedunia. Well, Hari Tuberkulosis (TB) ini dicanangkan agar masyarakat dunia lebih aware tentang epidemi virus TB ini, dan tahu upaya yang tepat untuk menghindari penyakit tersebut.

Tema Hari Tuberkulosis Sedunia tahun ini adalah 'Wanted: Leaders for a TB-Free World' atau mencari pemimpin yang mampu menghilangkan TB dari muka bumi. Selain itu, tema tersebut juga diambil agar masyarakat dunia fokus dan berkomitmen untuk mengakhiri epidemi TB.

Tuberkulosis sendiri adalah penyakit menular lewat udara dan mempengaruhi bagian paru-paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO, TB telah menjadi pembunuh menular paling tinggi di seluruh dunia dan diklaim telah mengancam sekitar 4.500 jiwa dalam sehari!

Penyakit ini dapat dicegah melalui ventilasi yang memadai dan kontak terbatas dengan pasien. Selain itu, ada beberapa kiat lain agar terhindar dari penyakit TB, seperti mengindari kontak langsung dengan pasien TB aktif, makan makanan sehat seimbang dengan banyak mengonsumsi buah, sayuran, biji-bijian, juga daging tanpa lemak.

Selanjutnya, berolahraga secara teratur, hindari atau mengurangi konsumsi alkohol, berhenti merokok, tidur cukup dan menjaga kebersihan pribadi juga dapat mengurangi risiko terkena TB. Tak kalah penting, selalu hindari batuk atau bersin di depan orang lain.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS