alexametrics

Waspada, Kanker Payudara Incar Perempuan Kurus!

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Waspada, Kanker Payudara Incar Perempuan Kurus!
Ilustrasi perempuan bertubuh kurus lebih berisiko kanker payudara. (sumber: shutterstock)

Studi terkini menemukan perempuan kurus berisiko 4 kali lebih besar idap kanker payudara.

Suara.com - Perempuan kurus ternyata berisiko empat kali lebih besar mengidap kanker payudara dibandingkan mereka yang obesitas.

Padahal selama ini pemilik tubuh obesitas dikaitkan dengan risiko kanker yang lebih besar, tapi ternyata sebuah penelitian terkini menunjukkan fakta sebaliknya.

Temuan yang didapat peneliti dari Institute of Cancer Research (ICR) London menekankan bahwa tubuh ideal adalah cara terbaik untuk mencegah kanker, termasuk menghindari tubuh kurus.

Hasil ini didapat setelah peneliti menganalisis 758.592 perempuan berusia 18 hingga 54 tahun selama lebih dari sembilan tahun. Di akhir masa penelitian, 13.082 mengidap kanker payudara.

Baca Juga: KPU Tunggu Instruksi Jokowi Tentukan Pilkada jadi Libur Nasional

Dr Minouk Schoemaker, dari ICR, mengatakan hubungan antara berat badan dan kanker payudara "lebih rumit" daripada yang dibayangkan sebelumnya, karena selama ini obesitas dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi akibat hormon estrogen yang diproduksi oleh sel-sel lemak.

"Namun tampaknya hubungan ini tak berlaku pada mereka yang berusia lebih muda. Kanker payudara justru menggerogoti perempuan bertubuh kurus," kata Minouk dilansir The Sun.

Charity Breast Cancer menegaskan bahwa kaum hawa harus berhati-hati dengan risiko kanker payudara karena 'si kurus' pun juga berisiko lebih besar mengidap penyakit tidak menular ini.

"Rutin melakukan deteksi dini melalui USG payudara dan mamografi serta menjaga indeks massa tubuh ideal merupakan salah satu cara untuk terhindar dari kanker payudara," jelasnya.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beli Smartphone Baru